SOLOPOS.COM - Cities, anjing 'American Bully' berusia dua tahun yang diklaim harganya mencapai Rp500 juta, turut serta dalam jumpa pers "Indonesia Pets Plants Aquatic Expo (IPPAE) 2012" di gedung WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, Rabu (28/11/2012). Acara itu akan berlangsung 1-9 Desember 2012 dan akan diikuti berbagai komunitas pecinta binatang dan tumbuhan dengan dukungan dari Kementerian Kelautan & Perikanan. (JIBI/ANTARA/Fanny Octavianus)

Cities, anjing ‘American Bully’ berusia dua tahun yang diklaim harganya mencapai Rp500 juta, turut serta dalam jumpa pers “Indonesia Pets Plants Aquatic Expo (IPPAE) 2012” di gedung WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, Rabu (28/11/2012). Acara itu akan berlangsung 1-9 Desember 2012 dan akan diikuti berbagai komunitas pecinta binatang dan tumbuhan dengan dukungan dari Kementerian Kelautan & Perikanan. (JIBI/ANTARA/Fanny Octavianus)

Kawan-kawan, apakah di rumah kalian punya anjing? Mereka sangat jinak dan pintar bukan? Benar, anjing memang termasuk binatang peliharaan yang pintar. Mereka bisa dilatih untuk mengerjakan sesuatu sesuai permintaan tuannya.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

 

Tahukah kalian, anjing ternyata bisa memahami hingga 250 kata dan isyarat. Hal ini dibuktikan oleh penelitian para ahli di Universitas Britis Columbia, beberapa waktu lalu.

 

Dalam penelitian itu, para ahli menemukan fakta bahwa anjing bisa mengerti hingga 250 kata dan isyarat yang disampaikan tuannya. Mereka juga bisa menghitung hingga angka lima dan dapat mengerjakan penghitungan sederhana.

 

Seperti dikutip dari www.omg-facts.com, Senin (10/12/2012), para peneliti tersebut mengetes sampel anjing berjumlah 200 ekor menggunakan model alat-alat original untuk mendemonstrasikan perkembangan bahasa, pra bahasa dan matematika dasar.

 

Para ahli lantas membandingkan dengan data kepandaian anak manusia dari yang tertinggi hingga terendah. Hasilnya, rata-rata anjing tersebut sangat maju inteligensinya. “Rata-rata anjing mempunyai kemampuan memahami bahasa sama dengan anak umur dua tahun,” ujar Prof Stanley Coren, kepala ahli peneliti tentang anjing di Universitas Britis Columbia.

 

“Ini artinya, mereka bisa mengerti sekitar 165 kata, tanda dan isyarat. Dua puluh persen dari anjing-anjing itu bahkan mengerti 250 kata dan isyarat, sama dengan anak usia dua tahun,” lanjutnya.

 

Teman-teman, Prof Stanley Coren juga mengatakan, jika dilatih secara rutin anjing dapat memahami kata-kata baru dengan cepat. Bahkan, Prof Coren menemukan fata anjing-anjing dapat menghitung seperti kemampuan anak manusia. Ketika terjadi sesuatu yang tidak disangka pada suatu objek, anak usia dua tahun dan anjing akan sama-sama menatapnya untuk waktu yang cukup lama. Mereka mencoba untuk memahami sesuatu yang baru tersebut.

 

“Anjing dapat mengenali bahwa satu ditambah satu seharusnya sama dengan dua, bukan satu atau tiga,” jelas Cohen.
Yang menarik kawan-kawan, meski dari keluarga yang sama kemampuan anjing dengan serigala berbeda cukup jauh. Kemampuan anjing lebih tinggi dibandingkan dengan serigala. “Serigala tidak mempunyai kemampuan ini. Naluri mereka hanya memburu dan memangsa, tidak bisa mengikuti perintah seperti anjing,” lanjutnya.

 

Peneliti dari Universitas Colorado, Prof Marc Bekoff memiliki pendapat yang sama. Selain anjing, menurut Prof Bekoff, kuda juga memiliki kemampuan yang serupa. “Hewan peliharaan memiliki kepekaan dan emosi. Mereka mampu memahami dan mengerjakan beberapa perintah manusia,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya