Animo Investor Besar, Kemenperin Kejar Target Produksi 2 Juta Motor Listrik

Kementerian Perindustrian mengejar target produksi nasional sebanyak dua juta unit sepeda motor listrik. 

 Ilustrasi Motor Listrik (Solopos)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Motor Listrik (Solopos)

Solopos.com, JAKARTA —  Sejalan dengan tren dunia yang telah bergerak ke arah penggunaan kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan, Kementerian Perindustrian mengejar target produksi nasional sebanyak dua juta unit sepeda motor listrik.

“Kami terus melakukan pendalaman terkait dengan industri kendaraan electric vehicle, baik itu untuk kendaraan roda empat maupun roda dua. Khusus untuk roda dua, ada target dari Bapak Presiden dalam waktu yang sesingkat-singkatnya bisa segera memproduksi dua juta unit,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat acara Focus Group Discussion (FGD) B20 Side Event-Ready to eMove di Jakarta, Selasa (4/10/2022).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Dalam rangka meningkatkan populasi electric vehicle, pemerintah telah mengeluarkan berbagai regulasi, salah satunya Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, Menperin menyampaikan pihaknya optimistis mencapai target dua juta sepeda motor listrik tersebut, mengingat animo dari para investor untuk membuka fasilitas produksi motor listrik cukup besar.

Saat ini, sudah ada 35 pabrikan otomotif yang siap memproduksi sepeda motor listrik dengan kapasitas satu juta unit per tahun dan ditargetkan meningkat hingga dua juta unit hingga tahun depan.

Baca Juga: September Solo Alami Inflasi 1,30%, Kelompok Transportasi Andil 1,13%

Dalam upaya mendukung ekosistem electric vehicle di Tanah Air, menurut Menperin, perlu kolaborasi yang baik dari setiap kementerian/lembaga, sebab masing-masing memiliki tugas berbeda dalam mendukung perkembangan kendaraan listrik nasional.

“Kami di Kementerian Perindustrian mendukung dari sisi supply dan memastikan bahwa produksi dari kendaraan listrik bisa cepat tumbuh. Sementara, kementerian/lembaga yang lain menyiapkan infrastrukturnya. Ini harus terkoordinasi dengan baik agar semuanya bisa berjalan lancar,” sebut Agus.

Menperin juga menyebut, dalam upaya mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, Kementerian Perindustrian sedang mempersiapkan satu standar baterai yang sama, sehingga penggunaan charging station dan swap battery akan bisa lebih mudah.

“Terkait hal ini, Kemenperin sedang melakukan pembicaraan dengan produsen sepeda motor dan produsen dari baterai supaya ada keseragaman dari baterai, sehingga baterai yang digunakan dari Aceh sampai Papua semuanya sama. Proses ini sedang berlangsung,” sebut Menperin.

Baca Juga: Kendaraan Listrik Wisata Solo akan Tambah Rute, Lewat TSTJ seusai Revitalisasi

Kebijakan Potongan Pajak

Untuk mencapai target dua juta kendaraan listrik, Kemenperin juga terus mendorong peningkatan nilai tambah produk di dalam negeri, di antaranya melalui tingkat komponen dalam negeri (TKDN) untuk sepeda motor listrik berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 6 Tahun 2022 tentang Spesifikasi.

Kemudian, Peta Jalan Pengembangan dan Ketentuan Penghitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).

“Dengan demikian, kendaraan listrik yang telah memenuhi batasan minimal TKDN sesuai Perpres 55 Tahun 2019 dapat mengisi permintaan kendaraan dinas dan operasional pemerintah sesuai Inpres Nomor 7 Tahun 2022,” paparnya.

Dalam upaya percepatan penggunaan kendaraan listrik, Menperin memberikan contoh kebijakan potongan pajak bagi kendaraan listrik di Thailand.

Baca Juga: Resesi Global Disebut Semakin Dekat, Ini Dampaknya bagi Indonesia

“Kalau kita lihat, Thailand telah lebih maju dalam pengembangan otomotif berbasis listrik karena tidak memberlakukan komponen pajak di pemerintah daerah. Hal ini perlu menjadi perhatian di Indonesia agar pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia bisa lebih cepat,” imbuhnya.

Kemenperin juga terus mendorong intensifikasi kerjasama dengan perusahaan mitra, dengan program kerjasama kemitraan langsung baik dengan ride hailing ataupun perusahaan logistik dengan sistem skema leasing yang kompetitif dengan dukungan lembaga pembiayaan nasional.

“Beberapa contoh terkait percepatan penggunaan sepeda listrik nasional dapat dilihat dari penggunaan ribuan sepeda motor listrik di jasa angkutan seperti Grab, Gojek, dan usaha logistik seperti Si Cepat, dan tentunya usaha lain yang mengikuti jejak bisnis mereka,” ujarnya.

Sumber: Antara

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Raup Laba Rp11,1 Miliar, Aset PT Widodo Makmur Perkasa Tbk Tumbuh 7 Persen

      Perusahan consumer goods and agricultural commodities nasional, PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP) membukukan laba perseroan sebesar Rp11,1 milliar pada kuartal III 2022.

      Akuisisi Danareksa Investment, BRI Menuju Perusahaan Jasa Keuangan Terintegrasi

      BRI dan Danareksa melakukan penandatanganan Akta Jual Beli Saham dalam rangka pembelian saham Danareksa Investment Management (DIM) sebanyak 9 juta lembar atau setara dengan 30% dari total saham DIM.

      IHSG Diprediksi Lanjutkan Pelemahan, Cermati Saham-Saham Ini

      Indeks harga saham gabungan (IHSG) berisiko melanjutkan pelemahan pada perdagangan Jumat (2/12/2022) akibat koreksi sejumlah saham big caps, seperti saham GOTO.

      Jangan Sampai Kehabisan, PT KAI Sediakan Tiket Kereta Tambahan Liburan Nataru

      PT KAI telah mempersiapkan sembilan kereta tambahan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama momentum liburan Natal dan Tahun Baru nanti.

      Merek Lokal Kecantikan dan Perawatan Diri Berjaya Tokopedia Beauty Awards 2022

      Ratusan ribu votes telah menentukan pemenang di 25 kategori produk kecantikan dan perawatan diri melalui Tokopedia Beauty Awards 2022.

      Pemerintah Kucurkan Subsidi Pembelian Motor Listrik Rp6 Juta pada 2023

      Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menyebut pemerintah akan mengucurkan subsidi untuk pembelian sepeda motor listrik pada tahun depan.

      Beli Solar Pakai QR Code, Uji Coba Dimulai dari 11 Daerah Ini

      Sebelum pemberlakuan uji coba pembelian solar subsidi dengan QR code, pihaknya sudah menguber sosialisasi pembelian Pertalite subsidi.

      Bakal Jadi Ikon Wisata Lampung, Proyek Bakauheni Harbour City Dikebut

      Bakauheni Harbour City ini yang berada di pertemuan koridor strategis utama yakni Pulau Jawa dan Pulau Sumatra.

      Bambang Brodjonegoro Bahas Ekonomi Global yang Tangguh di 20th Economix

      Mantan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro, menyinggung ekonomi global yang tangguh pada seminar internasional 20th Economix, Selasa (29/11/2022).

      Tak Mau Pegang Saham Teknologi, Ini Alasan Kaesang Pangarep

      Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep mengaku tidak ingin memegang saham teknologi karena tren yang menurun dari sisi global.

      Terapkan Affiliate Marketing, Pengguna Tokopedia Affiliate Raih Komisi Jutaan

      Tokopedia, melalui Tokopedia Affiliate Program, mempermudah siapa pun menjadi influencer dan mendapatkan komisi dengan mempromosikan jutaan produk melalui link afiliasi yang dibagikan lewat media sosial sejak awal 2022.

      Resmi Diumumkan, Berikut Daftar Lengkap Harga BBM Hari Ini

      PT Pertamina (Persero) resmi mengumumkan perubahan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi hari ini, Kamis (1/12/2022).

      Cetak Laba Rp39,31 Triliun, Kontribusi BRI untuk Negara & Rakyat Kian Meningkat

      PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI membukukan pertumbuhan laba triple digit 106,14% Year on Year (YoY) sebesar Rp39,31 triliun pada kuartal III-2022.

      Bertabur Hadiah dan Promo Menarik, Candi Vaganza Exhibition Kembali Digelar

      Selain produk dengan kualitas terbaik, Candi Vaganza Exhibition juga menghadirkan beragam promo dan hadiah menarik.

      Naik Tipis! Simak Harga Emas Antam & UBS di Pegadaian, Kamis 1 Desember 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian Kamis (1/12/2022) hari ini, terpantau naik tipis untuk cetakan Antam dan cetakan UBS.