SOLOPOS.COM - Wali Kota Gibran Rakabuming Raka saat diwawancarai wartawan di Balai Kota Solo sebelum bertolak ke Semarang menghadiri pelantikan Wali Kota Semarang, Senin (30/1/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO—Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menegaskan dirinya siap menjadi tuan rumah yang baik bagi siapa pun tokoh nasional yang berkunjung ke Solo.

Sikap itu berlaku juga bagi mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang juga salah satu calon Presiden (Capres) yang digadang-gadang maju di Pemilu 2024.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penegasan itu disampaikan Gibran saat diwawancara wartawan di Monumen Pers Solo.

Perbincangan atau wawancara tentang Anies Baswedan bermula dari informasi yang disampaikan Gibran bahwa sosok capres itu tiba di Solo Rabu (1/3/2023) siang.

“Pak Anies mendarat jam 12.00 WIB, Pak Anies mendarat jam 12.00 WIB,” ungkap dia.

Informasi tersebut sontak membuat kaget belasan awak media yang mewawancarainya. Sebab belum ada yang tahu ihwal agenda kunjungan Anies ke Solo. Gibran pun terlihat kaget ketika mengetahui ternyata para wartawan tak tahu agenda Anies.

“Wartawan kok ora ngerti ta, do ora ngerti ta? Ya wes do neng kene wae ya,” goda Gibran disambut berondongan pertanyaan wartawan tentang agenda kunjungan Anies ke Solo hari itu. “Ya ampun kok do ora ngerti ta? Tak kira wes do ngerti,” tutur dia.

Sementara ditanya apakah akan kembali melakukan pertemuan empat mata dengan Anies, Gibran tidak menjawab. Dia masih saja menggoda awak media yang tidak tahu rencana kedatangan Anies ke Solo. “Pak Anies mendarat jam 12.00 WIB,” kata dia.

Namun, saat disinggung apakah tidak merasa khawatir ada sorotan dari DPP PDIP bila kembali bertemu dengan Anies, Gibran menjawab dengan serius. Dia menegaskan sudah menjadi kewajiban bagi dirinya untuk bersikap kepada semua tamu Solo.

Sikap baik itu, menurut Gibran, dengan menemani atau menjamu tamu tersebut. “Kalau ada tamu yang berkunjung ke Solo, siapa pun itu, saya sebagai tuan rumah ya wajib untuk menemani, wajib untuk menjamu. Siapa pun tamu itu,” sambung dia.

Seperti diketahui, pengurus DPP PDIP sempat menyoroti pertemuan empat mata Gibran dengan Anies di Hotel Novotel Solo pada November 2022. Tapi Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, langsung merespons dengan tak mempermasalahkan hal itu.

Sebelumnya, Anies Baswedan adalah salah satu capres yang digadang-gadang maju di Pemilu 2024. Anies akan diusung oleh koalisi partai politik (Parpol) yang dimotori oleh Partai Nasdem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya