Anies-Sandi Ditantang Teruskan Pembangunan Masif Jokowi-Ahok-Djarot

Anies-Sandi Ditantang Teruskan Pembangunan Masif Jokowi-Ahok-Djarot

SOLOPOS.COM - Jalan layang non-tol Simpang Susun Semanggi (SSS) terlihat dari ketinggian di Jakarta, Jumat (28/7/2017) petang. (JIBI/Bisnis/Dwi Prasetya)

Kalangan pengusaha berharap Anies-Sandi mampu meneruskan pembangunan masif dan standar kerja di era Jokowi, Ahok, dan Djarot.

Solopos.com, JAKARTA — Perombakan besar yang dilakukan di era Joko Widodo (Jokowi), Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dan Djarot Saiful Hidayat, dinilai menjadi kemajuan bagi Jakarta. Anies Baswedan dan Sandiaga Uno diharapkan mampu melanjutkan standar tinggi dari pendahulu mereka.

Wakil Ketua Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang juga menilai banyak kemajuan yang ditorehkan oleh tiga Gubernur Jakarta selama lima tahun terakhir. Selain masifnya pembangunan infrastruktur, Jokowi dan Ahok sukses melakukan reformasi birokrasi di kalangan PNS DKI. Meski demikian, dia menyarankan agar para satuan kerja perangkat daerah tidak sering diganti agar bisa menyelesaikan pekerjaan secara optimal.

Dia menambahkan pelaku usaha di Ibu Kota juga sangat terbantu dengan beroperasinya Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP). Badan itu memudahkan proses perizinan dan nonizin, khususnya yang berkaitan dengan keberlangsungan bisnis.

“Keberadaan BPTSP sangat mempermudah kami mengurus berbagai dokumen yang terkait dengan keberlangsungan dunia usaha. Tidak ada lagi pungutan liar atau birokrasi yang menyulitkan,” kata Sarman, Jumat (13/10/2017).

Meski demikian, dia meminta pimpinan baru di Ibu Kota agar dapat bersinergi dengan pelaku usaha di Jakarta. Salah satunya, menghapuskan kebijakan lelang konsolidasi agar memberi kesempatan kepada seluruh pelaku usaha dari berbagai level, baik BUMD, BUMN, pengusaha besar, menengah, kecil, hingga mikro.

Periode 100 hari pertama Anies-Sandi merupakan masa transisi dan konsolidasi. Mereka harus sinkronisasi chemistry dengan masing-masing kepala SKPD.

“Pelaku usaha tentu menggu gebrakan kinerja Anies-Sandi. Namun, yang paling penting bagaimana mereka mampu melanjutkan semua pembangunan dan standar kerja tinggi yang sudah dilaksanakan oleh Jokowi, Ahok, dan Djarot,” ucapnya.

Realisasi Pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta

Tahun Jakarta Nasional
2013 6,11% 5,78%
2014 5,95% 5,01%
2015 5,88% 4,79%
2016 5,85% 5,02%
2017 5,01% 5,01% (Semester I/2017)

Sumber: Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan Kepala Daerah 2013-2017

Berita Terkait

Berita Terkini

Paket Obat Covid-19 Gratis Didistribusikan ke Pasien Isoman di Bantul

Penyaluran paket obat Covid-19 gratis ke pasien yang isoman di rumah di Bantul dilakukan oleh para tentara Bintara Pembinaan Desa (Babinsa).

Windy Cantika Sempat Gugup karena Persaingan Olimpiade Tokyo 2020 Sangat Ketat

Windy Cantika sempat gugup karena para rival tampil tangguh hingga hanya berjarak tipis untuk total perolehan angkatan.

Ahsan/Hendra Awali Olimpiade Tokyo 2020 dengan Mudah

Ahsan/Hendra kemudian akan menghadapi wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Senin (26/7/2021) pukul 16.00 WIB.

Revitalisasi Pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Kota Jogja Segera Dimulai

Revitalisasi pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Jogja akan menghabiskan dana senilai Rp20 miliar.

KISAH KADES JENAR: Dulu Hujat Pejabat, Kini Disuntik Vaksin Langsung oleh Bupati Sragen

Akhirnya Kades Jenar bertemu Bupati Sragen dan disuntik vaksin.

Peringati Hari Anak Nasional, Anak di Madiun Dapat Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten Madiun mulai melakukan vaksinasi terhadap anak berusia 12 tahun ke atas saat peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021.

Hingga Juli 2021, Ada 125 Kasus Kematian Karena Covid-19 di Kulonprogo

125 kasus kematian akibat Covid-19 selama Juli di Kabupaten Kulonprogo, mayoritas pasien yang sedang dirawat di rumah sakit.

Gubernur Ganjar Sebut Serapan Anggaran Covid-19 Jateng Sudah 17,28%, Ini Perinciannya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku kena buli dan kecaman akibat informasi yang disampaikan @pandemictalks soal serapan anggaran Covid-19 di Jateng yang disebut terendah.

Mimpi CEO Wardah Salman Subakat Bangun Ekosistem Pendidikan Indonesia

Salman Subakat, yang menduduki jabatan Chief Executive Officer (CEO) Paragon Technology and Innovation mendeskripsikan dirinya dalam empat kalimat.

Tugu Bola, Ikon Baru Desa Sambi Sragen dan Jadi Simbol Pemersatu Warga

Desa Sambi, Kecamatan Sambirejo, Sragen, kini memiliki ikon wilayah yakni Tugu Bola. Tugu ini menjadi simbol pemersatu warga Desa Sambi.

Beredar Kabar Nakes RSUD Ambarawa Ditusuk Keluarga Pasien Covid-19, Ini Klarifikasi Polda Jateng

Video seorang anggota keluarga pasien Covid-19 yang meninggal mencoba menusuk nakes RSUD Ambarawa beredar viral di media sosial. Polda Jateng beri penjelasan.

Digerebek Petugas, Nasib PKL Di Purwodadi Berakhir Bahagia

Kedatangan petugas gabungan membuat pedagang dan sejumlah pembeli yang lagi nongkrong di warung PKL angkringan dekat Stadion Purwodadi kaget.