Kategori: Nasional

Anies, Ganjar, Ridwan Kamil Jadi Capres Idola Anak Muda, Tapi...


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, JAKARTA -- Lembaga survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil jadi tiga kandidat capres terkuat pilihan anak muda. Namun, hasil survei yang digelar pada 4-10 Maret 2021  itu menunjukkan elektabilitas ketiga gubernur itu tidak ada yang dominan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menempati urutan pertama dengan 15,2% suara. Disusul Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (13,7%) dan Gubernur Jabar, Ridwan kalim (10.2%).

Metode survei yang digunakan simple random sampling sebanyak 206.983 responden yang terdistribusi secara acak. Total survei sampel yang berhasil diwawancara sebanyak 1.200 responden warga negara Indonesia berusia 17-21. Toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Baca juga: Survei LSI: Ganjar Pranowo Kandidat Capres 2024 Terkuat dari PDIP

Namun, apakah ketiganya pasti bakal maju di Pilpres 2024? Tidak ada jaminan.

"Semuanya belum jelas," kata pakar komunikasi politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio, kepada wartawan, Senin (22/3/2021).

Di antara ketiga nama, Ganjar Prabowo adalah satu-satunya yang merupakan kader parpol. Namun Ganjar bukan satu-satunya kandidat capres yang dielu-elukan di internal PDIP.

"Ganjar memang punya partai, tapi di partai itu ada Puan Maharani yang posisinya lebih kuat, belum lagi ada Tri Rismaharini," kata Hendri.

"Memang pernah Megawati mengusung Jokowi, tapi kemudian apakah Ganjar sekuat Jokowi saat 2024 nanti?" imbuhnya.

Founder lembaga survei KedaiKOPI ini lantas menganalisis peluang Anies Baswedan dan Ridwan Kamil (RK). Keduanya, menurut Hendri, bisa saja masuk bursa capres jika parpol membuka konvensi nantinya.

Baca juga: Kosgoro Deklarasikan Airlangga Hartarto Capres 2024

"RK dan Anies sama-sama tidak punya partai, harapan mereka itu ada konvensi jadi mereka bisa ikut. Anies, RK, dan Ganjar semuanya punya massa. Tapi, sistem kita ini tetap ujung-ujungnya parpol," ujarnya menganalisis.

Pencitraan

Jadi Pilpres 2024 masih jauh untuk Anies Baswedan, Ridwan Kamil maupun Ganjar Pranowo. Elektabilitas ketiganya merangkak naik, namun masih banyak PR harus dikerjakan. Mereka masih harus membuktikan bisa melayani masyarakat dengan sangat baik dan tentu saja harus mendapatkan tiket kendaraan menuju Pilpres.

"Ketiganya jalannya ada, tapi belum jelas punya kendaraan. Ganjar melakukan politik pengulangan Pak Jokowi, pencitraannya kuat. Anies sebagai Gubernur DKI jadi pantauan publik, tapi dicap sebagai oposisi. Ridwan Kamil di antara ketiganya mungkin yang paling lemah, dia kan di Jawa Barat menang cuma 30% lebih sedikit," pungkasnya.

Baca juga: Giring Nidji Capres dari PSI Temui Gibran Di Solo Malam Ini, Bahas Pilpres 2024?

Berikut hasilnya menurut Indikator Politik Indonesia sebagai berikut:

- Anies Baswedan 15,2 persen
- Ganjar Pranowo 13,7 persen
- Ridwan kamil 10,2 persen
- Sandiaga uno 9,8
- Prabowo Subianto 9,5 persen
- Agus Harimurti Yudhoyono 4,1 persen
- Erick Thohir 1,5 persen
- Tito Karnavian 1,2 persen
- Puan Maharani 1,1 persen
- Gatot Nurmantyo 0,8 persen
- Khofifah Indar Parawansa 0,7 persen
- Maruf Amin 0,4 persen
- Budi Gunawan 0.4 persen
- Bambang Soesatyo 0,4 persen
- Airlangga Hartanto 0,2 persen
- Mahfud Md 0,2 persen
- Muhaimin Iskandar 0,0 persen

 

Share
Dipublikasikan oleh
Kaled Hasby Ashshidiqy