SOLOPOS.COM - Bakal capres Anies Baswedan tiba di Bandara Notohadinegoro Jember pada Sabtu (6/5/2023) sore. (ANTARA/HO-FB Anies Baswedan)

Solopos.com, JEMBER — Dua bakal calon presiden yang bakal bertarung di Pilpres 2024, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, sama-sama beraktivitas menyapa pendukung di Jawa Timur, Sabtu-Minggu (6-7/2023).

Pada Sabtu sore, Anies Baswedan mengunjungi rumah pribadi Bupati Jember Hendy Siswanto yang sering kebanjiran apabila hujan deras mengguyur.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Sementara Ganjar Pranowo napak tilas di rumah kelahiran Bung Karno di Jalan Pandean, Kota Surabaya.

Di tempat tersebut, Ganjar menerima deklarasi dukungan dari para sukarelawan, yakni Kesatria Airlangga, Pengusaha Benteng Milenial dan Santri Milenial Surabaya.

Dikutip Solopos.com dari Antara, Anies Baswedan bersama rombongan menggunakan pesawat pribadi mendarat di Bandara Notohadinegoro Jember dan disambut Bupati Jember, pengurus Partai Nasdem dan para sukarelawan yang mendukungnya sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu Presiden 2024.

“Alhamdulillah, kami bersyukur telah tiba di Jember. Kedatangan kami di sini untuk menghadiri haul Habib Sholeh Al-Hamid di Tanggul,” katanya kepada sejumlah wartawan di rumah pribadi Bupati Hendy Siswanto di Jalan Sultan Agung Jember.

Menurut Anies, kunjungannya ke sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Jawa Timur merupakan bagian dari tanggung jawab karena mendapat amanat dari Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Demokrat untuk maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

“Kami datang, mendengar, menyerap aspirasi, dan melihat perkembangan terkini yang ada di masyarakat untuk menyelesaikan sejumlah persoalan seperti keadilan, masalah ketimpangan, kemiskinan, dan lapangan pekerjaan agar masyarakat bisa lebih baik,” tuturnya.

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan alasannya menjamu Anies di rumah pribadi dan bukannya di Pendapa Wahyawibawagraha karena sebelumnya sudah akrab dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Bang Anies punya sejarah lama dengan kami saat saya berdomisili di Jakarta dan saya Ketua Umum Pendapa Nusantara 45. Kami punya ikatan emosional yang cukup dekat seperti keluarga,” katanya.

Setelah menikmati makan malam di rumah pribadi Hendy, Anies berpindah ke Kantor Radio di Jalan Danau Toba, Kelurahan Tegalgede, Kecamatan dan dilanjutkan nongkrong di Cafe Tipis-tipis yang berada bersebelahan dengan gedung radio swasta tersebut untuk berbincang dengan masyarakat, kelompok sukarelawan dan simpatisan yang mendukungnya.

Aktivitas Ganjar

Sementara itu di saat nyaris bersamaan, Ganjar Pranowo menerima deklarasi dukungan dari para sukarelawan, yakni Kesatria Airlangga, Pengusaha Benteng Milenial dan Santri Milenial Surabaya saat napak tilas di rumah kelahiran Bung Karno di Jalan Pandean, Kota Surabaya, Sabtu.

ganjar pranowo terima sukarelawan
Bakal calon presiden PDIP, Ganjar Pranowo (tengah) saat berjalan usai menerima deklarasi dari relawan di rumah kelahiran Bung Karno, Jalan Pandean, Surabaya, Sabtu (6/5/2023). (ANTARA/Naufal Ammar Imaduddin)

Sebelum memasuki rumah kelahiran Bung Karno, Ganjar dipersilakan untuk cuci muka menggunakan air yang didapat dari sumur Jobong yang situs peninggalan Kerajaan Majapahit.

Setelah itu, Gubernur Jawa Tengah tersebut memasuki rumah Bung Karno ditemani cucu Bung Karno, Puti Guntur Soekarno, Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono, anggota DPR Indah Kurniawati hingga Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Kemudian, saat hendak meninggalkan lokasi bersejarah tersebut, dirinya menyempatkan untuk menyaksikan deklarasi dari sejumlah relawan pendukungnya.

Menurut Ketua Pengusaha Banteng Milenial Surabaya, Andy Hwantono mengatakan suara milenial pada Pilpres 2024 hampir mencapai 60 persen.

Oleh karena itu dia ingin mengajak para pengusaha milenial di Jawa Timur, khususnya Surabaya untuk memberikan hak suaranya kepada Ganjar Pranowo.

“Dengan memilih Ganjar Pranowo, maka bisa meneruskan apa yang sudah diperjuangkan oleh Bapak Joko Widodo, oleh karena itu kami fokus untuk mendukung Pak Ganjar,” katanya.

Menurut dia, dengan mendukung Ganjar Pranowo otomatis juga mendukung dan meneruskan program yang telah dirancang oleh Presiden Joko Widodo.

Ketua Santri Milenial Surabaya Guntur Adi mengatakan dirinya bersama ribuan santri muda bersyukur telah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai presiden yang akan dipilihnya pada Pilpres 2024.

“Sosok Bapak Ganjar Pranowo merupakan sosok yang tepat untuk melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh Bapak Presiden Joko Widodo dan kami yakin Pak Ganjar sudah berkomitmen juga untuk pro rakyat terlebih pro santri,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya