SOLOPOS.COM - Unggahan di akun Twitter @gunromli, Kamis (2/1/2020), yang menunjukkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berswafoto bersama Wali Kota Bogor Bima Arya di Bendungan Katulampa, Bogor.

Solopos.com, SOLO -- Di tengah banjir di Jabodetabek yang belum surut sejak Rabu (1/1/2020), beredar sebuah foto yang menggambarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berswafoto dengan latar belakang Bendungan Katulampa, Bogor. Anies tampak tersenyum dalam foto selfie bersama Wali Kota Bogor Bima Arya itu.

Benarkah Anies Baswedan ber-selfie ria saat warga sedang bertahan di tengah banjir Jabodetabek?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Foto itu diunggah di akun Twitter politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Guntur Romli, @gunromli. Dalam foto itu Anies mengenakan jaket merah, persis seperti yang dia kenakan saat meninjau banjir pada Rabu (1/1/2020) lalu.

Di samping Anies ada Bima Arya yang mengenakan seragam dinas berikut topi dan jaket hitam. Anies tampak memegang sebuah smartphone berwarna hitam dengan tangan kirinya.

"Cengar cengir selfie di tengah warga Jakarta yang kebanjiran," begitu bunyi kalimat yang menyertai unggahan di akun Guntur Romli itu, Kamis (2/1/2020). Hingga Rabu pukul 17.15 WIB, unggahan itu di-retweet hingga 376 kali, mendapatkan 1.000 like, dan 1.800 komentar.

Fakta

Namun berdasarkan penelusuran Solopos.com melalui Google Reverse Image, fakta berkata lain. Foto itu rupanya bukan foto baru saat banjir Jakarta Rabu-Kamis (1-2/1/2020). Hasil penelusuran Solopos.com menunjukkan foto tersebut merupakan foto lama.

Ada sebuah foto yang diambil dengan sudut pandang hampir sama diambil oleh fotografer Antara, Yulius Satria Wijaya, pada Senin (12/10/2018) lalu. Meski sudut pandang tidak sama persis, namun seluruh elemen dalam foto menunjukkan kesamaan dengan foto yang diunggah di akun @gunromli.

Foto dari Antara tersebut menunjukkan latar belakang yang sama, smartphone yang sama, dan posisi Anies dan Bima Arya yang sama. Foto itu diambil saat Jakarta tidak sedang mengalami banjir.

Caption foto itu berbunyi, "Gubernur Jakarta Anies Baswedan berswafoto dengan Wali Kota Bogor Bima Arya (kiri) saat mengunjungi Bendung Katulampa, di Bogor, Senin (12/10/2018)."

Foto-foto Anies dan Bima Arya berswafoto juga pernah diterbitkan oleh beberapa media online nasional. Mediabogor.id pada Senin (12/2/2018) menampilkan foto seperti yang diunggah di akun @gunromli.

Foto Anies Baswedan dan Bima Arya berswafoto dengan latar belakang Bendung Katulampa Bogor pada 2018 lalu yang diterbitkan mediabogor.id.

 

Sedangkan foto serupa dari Antara dengan angle sedikit berbeda seperti tersebut di atas diterbitkan oleh Hipwee.com pada Jumat (26/4/2019), dan Tirto.id pada 17 Oktober 2018. Tirto.id menerbitkan foto tersebut bersama artikel berjudul 'Naturalisasi Sungai': Janji Manis Anies Ingin DKI Meniru Singapura.

Jadi klaim bahwa foto tersebut menunjukkan bahwa kalimat "Anies Baswedan cengar cengir selfie di tengah warga Jakarta yang kebanjiran" adalah tidak sesuai fakta.

Foto Anies Baswedan dan Bima Arya karya fotografer Antara, Yulius Satria Wijaya, pada Senin (12/10/2018) yang diterbitkan di Tirto.id, 17 Oktober 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya