SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria berfoto bersama seusai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022). (Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Solopos.com, JAKARTA — Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024 membuat Partai Gerindra kecewa.

Pasalnya, Partai Gerindra sudah bulat mencalonkan sang ketua umum Prabowo Subianto kembali berkompetisi di Pemilihan Presiden 2024.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani Anies mengingatkan jasa mereka untuk Anies saat Pilgub DKI Jakarta pada 2017.

Meskipun demikian pihaknya tak akan menghalangi Anies Baswedan untuk menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Baca Juga: Tabloid Anies Dilaporkan ke Bawaslu Karena Dugaan Kampanye Terselubung

Muzani sadar setiap warga negara punya hak untuk memilih dan dipilih di ajang pesta demokrasi.

“Cuma kata kader Gerindra semuanya, kalau ingin Anies, ingin 2017 bagaimana kami berkorban, kami semua berjuang, kami semua mempertaruhkan turun ke Jakarta untuk memenangkan Anies,” ujar Muzani seperti dikutip Solopos.com, Kamis (29/9/2022).

Padahal, ujar dia, saat itu ribuan kader Partai Gerindra dari seluruh daerah Indonesia dimobilisasi untuk datang ke Jakarta.

Baca Juga: Diskusi Rocky Gerung dan Gibran: Presiden 3 Periode hingga Kontroversi Jokowi

Mereka berusaha membuat Anies meraih kursi Gubernur DKI Jakarta.

“Di RT-RT, di kampung-kampung di Jakarta, dan saya masih ingat sekitar 2.200 anggota DPR kabupaten/kota, provinsi se-Indonesia, kami turunkan ke Jakarta untuk memenangkan Anies ketika itu. Itu semua mereka ingat. Apa Anies enggak ingat, kata mereka. Saya bilang cuma wallahualam,” ungkap wakil ketua MPR tersebut.

Muzani pun berpesan kepada para kadernya agar tak perlu mengingatkan kebaikan sendiri kepada orang lain. Menurutnya, kebaikan akan selalu mendapatkan balasnya pada kemudian hari.

Baca Juga: Anggaran Rp130 Triliun Disetujui, Prabowo Subianto: Terima Kasih DPR

Seperti diberitakan sebelumnya, beberapa pekan lalu Anies telah menyatakan siap maju sebagai capres di Pilpres 2024. Meski begitu, dia hanya maju ada parpol yang mengusung dirinya.

“Saya siap maju sebagai presiden jika ada partai yang menominasikan saya,” ucapnya.

Sementara itu, beberapa partai politik sudah terang-terangan menyatakan Anies masuk radar capres potensial mereka di Pilpres 2024.

Baca Juga: Airlangga-Puan Direncanakan Bertemu Pekan Depan

Partai NasDem, Partai Keadilan Sejatera (PKS), maupun Partai Persatuan Pembangunan (PPP) merupakan contohnya.

Artinya, Anies berpeluang besar menghadapi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto pada Pilpres 2024, sebab Gerindra sudah menunjuk Prabowo sebagai capres tunggal mereka.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Anies Siap Jadi Capres 2024, Gerindra: Ingat Jasa Kami di Pilgub Jakarta 2017!”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya