SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Proyek rumah susun (rusun) DP 0 rupiah dinilai bukan diperuntukkan bagi warga miskin. Hal itu juga diakui oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena pembelian rusun DP 0 rupiah hanya bisa dilakukan dengan menggunakan skema perbankan.

Karena itu, proyek itu hanya diperuntukkan bagi warga dengan penghasilan menengah di atas upah minimum regional (UMR). Anies mengatakan pembelian rusun DP 0 rupiah hanya bisa dilakukan dengan menggunakan skema perbankan. Dalam skema perbankan itu pun hanya bisa dilakukan oleh warga yang berpenghasilan lebih dari UMR yang ditetapkan oleh Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jadi, program ini mereka yang memang bisa menggunakan fasilitas perbankan karena memang skema keuangan,” kata Anies saat ditemui di Gedung UIN Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan, Rabu (17/10/2018).

Ekspedisi Mudik 2024

Anies menjelaskan dalam skema perbankan ada batasan bagi siapa saja yang diperbolehkan untuk mengikuti perbankan itu. Karena itu, hanya warga Jakarta yang memiliki gaji di atas UMR saja yang bisa menikmati fasilitas DP 0 rupiah ini.

“Kami dari awal bilang kalau ini adalah program DP nol rupiah dengan menggunakan skema keuangan perbankan dan di situ ada minimalnya. Ada proporsi di mana penghasilan tidak boleh dipakai untuk nyicil,” ungkap Anies.

Sebelumnya, Sekretaris Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Dwi Rio Sambodo, mengatakan bahwa program Rumah DP 0 Rupiah yang saat ini bertransformasi menjadi Samawa (Solusi Rumah Warga), bukan program untuk orang miskin. Pasalnya kata dia, program itu hanya untuk warga DKI Jakarta yang berpenghasilan Rp4 juta sampai dengan Rp7 juta perbulannya dengan skema cicilan perbulan minimal Rp2 juta.

“Tentunya ini di luar listrik dan air bersih. Plus, iuran pengelolaan lingkungan karena status rusunami tidak mungkin diberikan subsidi. Pertanyaannya, keberpihakan terhadap rakyat miskin yang tidak mampunya ada di mana?” kata Rio di Kantor Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya