Tutup Iklan

ANGKUTAN UMUM SOLO : Tarif Bus Jumbo Dipastikan Tetap Meski Biaya Operasional Naik

ANGKUTAN UMUM SOLO : Tarif Bus Jumbo Dipastikan Tetap Meski Biaya Operasional Naik

SOLOPOS.COM - BST (JIBI/dok)

Angkutan umum Solo, tarif bus jumbo berkapasitas 60 penumpang sama dengan BST medium.

Solopos.com, SOLO — Pengoperasian armada baru bus Batik Solo Trans (BST) yang bisa memuat 60 penumpang membutuhkan biaya operasional lebih tinggi dibandingkan bus berukuran medium.

Kendati demikian, operator BST Koridor I rute Bandara Adi Soemarmo-Palur (PP) masih memberlakukan tarif sama dengan bus medium.

Kepala Perum Damri Solo, Aris Yulianto, mengatakan pengoperasian bus berukuran besar sejak Rabu (26/10/2016) lalu memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang lantaran masih baru dan mesin dalam kondisi prima.

Namun di sisi lain, Perum Damri dihadapkan pada tingginya biaya operasional. “Rasio penggunaan BBM [bahan bakar minyak] bus yang besar otomatis naik. Biasanya konsumsi BBM bus satu liter bisa digunakan untuk empat kilometer, saat ini setiap satu liter hanya bisa digunakan untuk tiga kilometer. Harga ban dan suku cadang bus lebih besar juga lebih mahal daripada bus medium. Keseluruhan biaya operasionalnya pasti lebih tinggi,” jelas dia saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (27/10/2016).

Meskipun biaya operasionalnya naik, Aris memastikan tidak ada perubahan tarif BST Koridor I. Khusus pelajar dipatok senilai Rp2.000, sedangkan tarif penumpang reguler Rp4.500/orang.

“Bus kota ini memang bukan proyek cari untung. Tujuannya menyelenggarakan transportasi umum yang memadai,” terangnya.

Aris menyebut sejauh ini peminat BST dari Bandara Adi Soemarmo masih minim. Saat ini rata-rata penumpang BST yang naik dari Bandara Adi Soemarmo hanya tiga-lima orang untuk sekali perjalanan.

“Dalam sehari penumpang dari bandara ada 70 orang sampai 80 orang. Kalau sedang ramai atau akhir pekan bisa naik menjadi 90 orang per hari,” bebernya.

Menurut dia, saat ini pengguna BST Koridor I masih didominasi pengguna transportasi publik yang berkegiatan di pusat kota. “Harapan kami, segera ada kebijakan khusus sehingga penumpang di bandara tidak enggan naik bus. Selama ini kondisi halte masih cukup jauh dan belum ada fasilitas penunjang,” kata dia.

Kepala Seksi Angkutan Orang Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Taufiq Muhammad, mengatakan tengah mengupayakan agar tarif BST bisa lebih murah untuk menggerakkan minat masyarakat menggunakan transportasi umum.

“Kami sudah usulkan ke pemerintah pusat untuk memberikan subsidi bagi BST. Kalau disetujui, tarif bus bisa lebih murah lagi. Mudah-mudahan tahun ini bisa terealisasi,” ujar dia.

Sebelumnya, Manajer Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Yaka Sulistya Wijanarka, menyampaikan rencananya meningkatkan fasilitas untuk mendukung operasional BST di bandara setempat pada 2017.

“Ada dua opsi yang sudah kami siapkan. Pertama, membuat kanopi dari lobi bandara menuju halte Damri untuk meningkatkan kenyamanan penumpang. Kedua, memindah halte Damri di tempat parkir gedung TKI supaya lebih dekat dengan terminal kedatangan,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Begini Komitmen Indonesia Turunkan Angka Pekerja Anak

Indonesia tak lelah berupaya menurunkan angka pekerja anak, tetapi bagaimana sebenarnya wujud komitmen Indonesia menumpas pekerja anak?

Indonesia Desak Gerakan Non Blok Dukung Kemerdekaan Palestina

Indonesia melalui Menlu Retno Marsudi dalam Pertemuan Luar Biasa Komite Gerakan Non Blok atau GNB meminta dukungan kemerdekaan Palestina.

Tenda Darurat di RSUD Tugurejo Diisi Pasien Berpenyakit Penyerta

RSUD Tugurejo Semarang terpaksa mendirikan tenda darurat untuk merawat pasien Covid-19 yang membeludak sehingga tak tertampung.

Sering Bersin Ciri Penerima Vaksin Kena Covid-19

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 masih harus tetap menghindari virus corona pemicu Covid-19.

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.