SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bus Damri (Dok/JIBI/Solopos)

Angkutan Ringroad untuk rute tengah dibahas.

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Perhubungan DIY segera mengoperasikan angkutan ringroad melalui lima armada bus Damri bantuan pemerintah pusat. Setiap bus akan melewati rute dengan berhenti di 35 halte, bus berputar mengelilingi ringroad butuh waktu lebih dari dua jam. Jarak antar bus berhenti di setiap halte diperkirakan nyaris satu jam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

(Baca Juga : ANGKUTAN RINGROAD : Terkendala Izin, Pengoperasian Mundur)

Kepala Perum Damri Cabang DIY Sumali mengatakan pihaknya telah melakukan uji coba jalur pada kelima armada tersebut. Tetapi, hanya untuk menganalisis ruang operasi sehingga belum mengangkut penumpang. Waktu tempuh setiap armada lebih dari dua jam untuk berhenti pada 35 halte dengan total 41 kilometer mengelilingi Ringroad. Oleh karena itu, selama beroperasi, setiap armada, sementara hanya akan menempuh empat kali putaran.

Mengingat kapasitas bus besar mampu mengangkut 50 penumpang, maka pemberhentian di setiap halte hanya diberi waktu sekitar dua menit. Karena keterbatasan di jalur lambat yang sempit, jika memaksa berhenti lama di Halte, khawatir menganggu kepadatan arus di jalur lambat.

“Kemarin begitu kita simulasi, manuver yang kami lakukan cukup menambah kepadatan di jalur tersebut dan ini mungkin kami akan menyesuaikan. Misal tidak memungkinkan, ya hanya lewat saja, kebetulan median jalan di jalur lambat itu, kami memakai bus medium [Trans Jogja] saja sudah memakan habis jalur,” ujarnya, Selasa (22/11/2016)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya