SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Bus JIBI/Harian Jogja

Harianjogja.com, JOGJA–Mobil murah hemat energi mulai dicemaskan banyak pihak. Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY siap ambil langkah tegas apabila mobil Low Cost Green Car (LCGC) semakin menghimpit penyelenggara jasa angkutan umum.

“Saingan terberat usaha transportasi umum adalah kendaraan pribadi. Jelas kehadiran mobil murah akan sangat mengancam kami,” ujar Ketua Organda DIY Agus Andriyanto saat dihubungi Harian Jogja, Rabu (16/10/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dampak negatif kehadiran mobil murah akan mengakibatkan turunnya jumlah penumpang. Agus mengatakan saat ini saja dengan tingginya populasi kedaraan sepeda motor, angkutan perkotaan mulai kurang diminati. Mobil LCGC yang sebentar lagi akan didistribusikan ke sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk DIY akan mengancam hampir semua angkutan, baik untuk track atau jarak tempuh dekat maupun track jauh.

“Paling besar dampaknya akan dirasakan pada angkutan umum yang melayani jarak dekat seperti angkutan perkotaan dan pedesaan. Turunnya besar sekali,” jelas Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya