SOLOPOS.COM - Ilustrasi PT Kereta Api Indonesia (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Harianjogja.com, JOGJA—Lima kereta api tambahan disiapkan untuk angkutan lebaran mulai 18 Juli hingga 5 Agustus 2014.

Pejabat Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) VI DIY, Bambang S. Prayitno, mengatakan lima kereta api tambahan itu untuk operasional tujuan Jogja-Surabaya, Solo-Jakarta dan Solo-Bandung. Kelima kereta api tambahan itu merupakan kereta reguler seperti Lodaya, Jaka Tingkir, Argo Dwipangga, Argolawu, dan Sancaka.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

“Kami berharap kereta tambahan ini mampu menampung ratusan penumpang setiap hari,” kata Bambang di Bengkel Kereta Api Balai Yasa DIY, Selasa (15/7/2014).

Kapasitas setiap kereta tambahan mulai dari 350 penumpang hingga 848 penumpang. Argolawu tambahan menampung 360 penumpang tujuan Solo-Gambir. Kemudian, Argo Dwipangga jurusan Jogja Tugu-Gambir menampung 350 penumpang, Sancaka tujuan Jogja-Surabaya bisa memuat 456 penumpang. Lodaya tujuan Solo-Bandung 456 tempat duduk, begitu juga dengan Lodaya pagi yang berkapasitas 456 tempat duduk. Adapun, Jaka Tingkir untuk mengangkut 848 penumpang tujuan Purwosari-Pasar Senen.

“Sebagian besar [tiket] sudah habis terpesan. Untuk H-6 dan H-7 masih ada beberapa, sedangan untuk H+6 dan H+7 juga masih tersedia sekitar 33%-40% ,” jelas Bambang.

EVP Esekutif Vice Presiden atau Kepala Balai Yaksa, Muhammad Saifulalam, mengaku sejauh ini lokomotif  cadangan juga sudah disiapkan. Sedikitnya ada delapan lokomotif cadangan yang akan diperbaiki dan diharapkan selesai pada 18 Juli mendatang.

Saifulalam juga mengatakan sudah membagi tugas teknisi ke masing-masing Depo yang membutuhkan. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada masalah dalam perjalanan lokomotif yang macet.

PT KAI tahun ini menyediakan 49 lokomotif untuk angkutan lebaran. Selain itu, ada 14 cadangan lokomotif. Enam lokomotif sudah berjalan normal, sisanya dalam perawatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya