SOLOPOS.COM - Petugas Dishub Solo menempel stiker lolos uji kelaikan di bus Mulyo Indah, Kamis (15/6/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Angkutan Lebaran 2017, Dishub Solo mengecek bus di empat pool dan tak mendapati bus bermasalah.

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Solo melakukan uji kelaikan (ramp check) armada bus yang bakal dimanfaatkan untuk angkutan Lebaran 2017 dengan mendatangi pool empat perusahaan bus di Kota Bengawan, Kamis (15/6/2017).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kabid Pengujian dan Perbengkelan Dishub Solo, Anindita Prayoga, mengatakan kegiatan ramp check dilakukan Dishub hingga menjangkau ke pool perusahaan bus untuk lebih menjamin ketersediaan angkutan Lebaran 2017 yang aman dan nyaman. Mengacu arahan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dia menerangkan ada 21 komponen yang perlu diperiksa saat petugas melakukan ramp check bus.

“Sesuai edaran Ditjen Perhubungan Darat, komponen pokok yang wajib terpasang dalam bus adalah alat pemadam api ringan, safety belt, dan pukul kaca darurat. Tapi kami mengecek semua komponen bukan hanya tiga hal itu. Syarat administrasi juga kami periksa,” kata Anin saat ditemui wartawan di sela-sela kegiatan ramp check di pool bus Mulyo Indah, Jl. Adi Sumarmo, Banyuanyar, Banjarsari, Kamis.

Koordinator Masa Angkutan Lebaran 2017 Dishub Solo, Moch. Usman, menjelaskan ramp check kali ini dilakukan di empat pool bus sekaligus. Selain pool bus Mulya Indah, petugas Dishub juga mendatangi pool bus Rajawali, Muncul, dan Rosalia.

Dimintai konfirmasi setelah menggelar kegiatan ramp check, dia menyebut petugas tidak menemukan bus dalam kondisi bermasalah. Usman menuturkan puluhan bus yang diperiksa lolos uji kelaikan.

“Kami sudah memeriksa kelaikan bus di empat pool. Semua bus yang tengah berada di pool memenuhi persyaratan. Kami mengapresiasi hal tersebut karena dari pemilik perusahaan bus sebelumnya sudah melakukan pengecekan secara mandiri. Setelah memastikan bus laik jalan, kami memasang stiker khusus dari Direktorat Pembinaan Keselanatan di kaca depan bus. Stiker itu menjadi tanda bus laik jalan,” ujar Usman.

Usman mengimbau masyarakat yang bakal melakukan perjalanan mudik menggunakan angkutan umum darat bisa memilih armada bus yang telah tertempel stiker lolos uji kelaikan. Dia mengabarkan selain menggelar ramp check di pool bus, petugas juga bakal mengadakan uji kelaikan jalan bus di Terminal Tipe A Tirtonadi.

Uji kelaikan di terminal bakal dilakukan petugas Dishub bekerja sama dengan Satlantas Polresta Solo mulai Minggu (18/6/2017) atau H-7 Lebaran 2017. “Jika bus ditemukan tidak laik jalan, kami akan meminta pemilik bus tersebut memperbaiki kekurangan atau kerusakan. Jika mereka nekat jalan tanpa melakukan perbaikan, akan diberi surat tilang oleh polisi. Bus yang tidak laik jalan pada intinya tidak diizinkan berangkat melayani penumpang. Kami juga akan mencopot stiker lolos uji kelaikan pada bus yang diketahui tidak dalam kondisi standar setelah dilakukan pemeriksaan ulang,” jelas Usman.

Manajer perusahaan bus Mulyo Indah, Joni Sun, mengklaim sudah secara rutin mengecek kelaikan jalan armada busnya. Dia menjamin kondisi semua bus Mulyo Indah laik jalan. Joni tetap menyampaikan terima kasih kepada Dishub yang telah menggelar kegiatan ramp check di pool bus Mulyo Indah.

Menurut dia, manajemen bus Mulyo Indah juga membutuhkan stiker lolos uji kelaikan yang hanya disediakan pemerintah. “Kami sudah rutin melakukan pengecekan armada. Tiap kali bus datang, mesti dilakukan pengecekan mulai dari ban, kampas rem, kampas kopling, dan lain sebagainya. Kami punya 22 bus AKAP melayani perjalanan ke Jakarta-Bogor, dan 6 bus AKDP jurusan Semarang,” jelas Joni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya