SOLOPOS.COM - Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, menempelkan stiker "Laik Jalan Angkutan Lebaran 2015" di kaca bus Rosalia Indah, di garasi PO Rosalia Indah, Sabtu (11/7/2015). Stiker tersebut hanya diberikan untuk bus yang dinyatakan laik jalan. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Angkutan Lebaran 2015 telah disiapkan untuk melayani pemudik.

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mengimbau agar masyarakat menggunakan bus yang telah teruji kelayakannya untuk bepergian saat Lebaran nanti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kendaraan yang dianggap layak jalan ditempeli stiker khusus bertulisan “Laik Jalan Angkutan Lebaran 2015”.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar memilih angkutan yang berstiker untuk ditumpangi. Sebab bus yang telah berstiker sudah diuji kelayakan jalannya,” kata Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, saat ditemui wartawan, Sabtu (11/7/2015).

Dia mengatakan jangan sampai ada angkutan umum yang mengalami kecelakaan karena disebabkan kendaraan yang tidak layak jalan.

“Harus ada sanksi bagi perusahaan angkutan umum yang tetap mengoperasikan bus tidak layak jalan, karena membahayakan,” kata dia.

Pada Sabtu pagi, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar mengecek kondisi layak jalan bus angkutan lebaran. Pengecekan tersebut dilakukan di garasi-garasi perusahaan angkutan umum yang ada di Karanganyar.

Salah satu garasi bus yang dituju adalah milik perusahaan otobus (PO) Rosalia Indah yang berlokasi di jalan Solo-Sragen, Km 7,5 Jaten, Karanganyar.

Pengecekan dimulai dari kondisi ban kendaraan, asap kendaraan, sistem kemudi, kelengkapan kendaraan, lampu dan rem. Kegiatan pitu dipantau langsung oleh Wakil Bupati.

Setelah melakukan pengecekan di PO Rosalia Indah, Wakil Bupati dan rombongan dari Dishubkominfo menuju garasi PO Langsung Jaya di Jl. Raya Palur KM. 7, Jaten, Karanganyar, Jalan Raya Palur KM. 7, Jaten, Karanganyar.

Namun semua bus Langsung Jaya yang digunakan untuk angkutan Lebaran sedang berada di luar daerah menjemput penumpang.

Menurut pengawas bus Langsung Jaya, Dirun, Sabtu lalu sebanyak 24 bus sudah disewa salah satu perusahaan di Serang, Banten, untuk mengangkut karyawan yang ingin mudik.

Sedangkan 15 bus lainnya sedang melayani trayek Solo-Jakarta.

“Jadi sudah keluar semua untuk yang bus angkutan Lebaran,” kata dia saat ditemui wartawan di garasi bus Langsung Jaya, Sabtu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya