SOLOPOS.COM - Ilustrasi angkutan umum (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis Indonesia)

Angkutan Gunungkidul akan ditertibkan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL —Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Infromasi (Dishubkominfo) segera menertibkan sejumlah angkutan umum yang beroperasi di Kabupaten Gunungkidul. Pasalnya jumlah angkutan umum yang ada di Gunungkidul tidak diikuti dengan pemerataan trayek.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Gunungkidul, Purnama Jaya mengatakan akan segera melakukan penertiban terhadap armada angkutan umum yang bermasalah. Mulai dari ada tidaknya ijin trayek sampai uji berkala kendaraan. Pasalnya banyak armada di Gunungkidul yang diketahui tidak laik jalan, tidak memiliki KIR, serta tidak memiliki surat izin trayek.

“Kami akan segera melakukan pengaturan trayek,” kata Purnama, Jumat (10/2/2017).

Lebih lanjut pihaknya juga menggelar komunikasi dengan paguyuban baik pemilik atau operator angkutan agar angkutan pedesaan nantinya dapat diintegrasikan dengan angkuta perkotaan. Menurutnya, solusi tersebut dapat mengurangi beban biaya perjalanan masyarakat karena harus bolak-balik menumpang angkutan untuk menempuk jarak antar wilayah di Gunungkidul.

“Beban masyarakat bisa bertambah jika terpisah karena menambah biaya perjalanan. Semisal dari wilayah pedesaan ke ringroad, harus dua kali angkut. Dengan digabungnya, harapannya dapat teratur,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya