Angkringan Kapal Bu Marmi Tenda Hijau, Jadi Langganan Mahasiswa di Solo
Angkringan Kapal Bu Marmi Tenda Hijau (Istimewa/Aulianisa Salsabila).

Solopos.com, SOLO -- Salah satu angkringan yang jadi langganan mahasiswa di Solo, Jawa Tengah adalah Angkringan Kapal Bu Marmi Tenda Hijau. Lokasi angkringan ini terletak di depan gapura kapal kampus pusat Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, tepatnya di Jl Ki Hajar Dewantara No.19, Jebres.

Anak pemilik Angkringan Kapal Bu Marmi Tenda Hijau, Fian mengatakan warungnya ini sudah ada sejak 20 tahun yang lalu sehingga dikenal legendaris di wilayah ISI Solo. Meskipun angkringan ini bukan pertama yang berjualan di wilayah tersebut.

Selain Menabung, Ini Cara Simpel Mengajarkan Anak Hemat Sejak Dini

Selain mahasiswa kampus sekitar saja yang jadi langganan, tapi warga di Solo lainnya juga ikut untuk menikmati makanan sederhana di angkringan ini sambil berkumpul bersama sahabat maupun keluarga.

“Angkringan Bu Marmi ini sudah ada sejak kurang lebih 20 tahun yang lalu. Dan dulu itu sepi belum seramai sekarang,” jelas Fian kepada Solopos.com, Kamis (6/8/2020).

Telat Haid Gak Melulu Tanda Hamil, Bisa Juga karena Ini

Awal mulanya, pemilik angkringan legendaris di ISI Solo, Bu Marmi hanya bekerja dengan kakaknya yang berjualan di situ. Tetapi, pada akhirnya Bu Marmi memiliki inisiatif untuk memberanikan diri memulai usaha angkringan ini sehingga menjadi langganan mahasiswa di Solo.

“Memang dari awal sudah dapat tempatnya di sini, awal mula ini kuburan terus dibangun jadi kampus ISI ini,” tambah Fian.

Lapar di Tengah Malam? Yuk Coba Kuliner Murah Soto Ayam Kampung Pak Timbul di Solo

Tak Selalu Berjalan Mulus

Fian menceritakan Angkringan Kapal Bu Marmi Tenda Hijau ini awal-awal berdiri tidak selaris seperti saat ini. Kala itu, Bu Marmi hanya berjualan menggunakan gerobak kecil dan makanan yang seadanya saja.

Untuk masalah harga di angkringan legendaris di ISI Solo ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Untuk harga makanan dimulai dari Rp500 hingga Rp2.000 saja.

Takut Tertipu Belanja Online? Cek di Sini Nomor Rekening Si Penipu!

“Angkringan di sini selain murah dan enak, tempatnya juga lega terus nyaman aja. Kalau kumpul bareng teman-teman kan sambil cerita-cerita,” kata Juhan, salah satu pengunjung Angkringan Kapal Bu Marmi Tenda Hijau.

Apa Uniknya?

Tidak seperti kebanyakan angkringan pada umumnya, angkringan legendaris di ISI Solo ini hampir 90 persen memproduksi sendiri jenis makanan yang dijual.

Mulai dari nasi, gorengan, aneka sate, dan lain sebagainya ada di angkringan ini.  Hal tersebut yang membedakan Angkringan Kapal Bu Marmi Tenda Hijau dengan angkringan pada umum lainnya.

Menu aneka sate di Angkringan Kapal Bu Marmi Tenda Hijau (Istimewa/Auianisa Salsabila).

Keunikan lainnya adalah para pelayan di Angkringan Kapal Bu Marmi Tenda Hijau ini menggunakan seragam berwarna merah yang menjadikan ciri khas dari warung jajanan pinggir jalan ini.

Belum Move On? Ini Loh Ada Cara Mudah & Cepat Melupakan Mantan

Tempat yang luas, makanan yang enak dan murah memang menjadi daya tarik bagi angkringan langganan mahasiswa di Solo ini.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mencicipi koyor sapi dan jahe gepuk hangat khas dari Angkringan Kapal Bu Marmi Tenda Hijau yang semakin membuat malam harimu terasa lengkap.

Kata Cinta Laura, 3 Serial Film Netflix Ini Wajib Ditonton

Pandemi Covid-19 juga dirasakan imbasnya oleh Fian. Dia mengeluhkan keuntungan dari Angkringan Kapal Bu Marmi Tenda Hijau ini turun drastis. “Karena lagi ada corona ini turun drastis, sehari minimal dapat keuntungan Rp2,5 juta lah. Sebelum corona bisa sampai Rp3,5 juta,” ungkap dia.

Makan Nasi Goreng dengan Timun Ternyata Berbahaya, Kenapa Ya?

Kuliner Legendaris Solo: Es Dawet Telasih Bu Dermi, Dulu Dijual Cuma Rp250

Referensi Kuliner Solo Lainnya

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom