Angkringan di Semarang Ini Sajikan Panorama Desa & Berdayakan Warga

Angkringan Baloeng Gadjah di Tuntang, Kabupaten Semarang, menjadi pilihan tempat nongkrong warga di sekitar Salatiga dan Kabupaten Semarang.

 Pelanggan tengah menikmati makanan di Angkringan Baloeng Gadjah yang berada di Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Sabtu (13/8/2022). (Solopos.com-Hawin Alaina)

SOLOPOS.COM - Pelanggan tengah menikmati makanan di Angkringan Baloeng Gadjah yang berada di Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Sabtu (13/8/2022). (Solopos.com-Hawin Alaina)

Solopos.com, UNGARAN — Mencari angkringan dengan konsep kekinian di wilayah Salatiga sekitarnya? Mungkin Angkringan Baloeng Gadjah yang berada di Desa Candirejo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, ini bisa menjadi rujukan.

Angkringan Baloeng Gadjah ini menyajikan panorama alam desa yang asri. Terletak di berdekatan dengan pematang sawah, angkringan yang buka sejak 2019 ini juga menyajikan pemandangan deretan perbukitan yang indah.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Kalau berkunjung sore hari, saat cuaca bagus, angkringan di Desa Candirejo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, ini pun menyajikan pemandangan sunset yang indah. Untuk menuju ke angkringan ini pun aksesnya tidak terlalu sulit. Saat melintas di Jalan Pangeran Mertokusumo, Tuntang, papan penunjuk jalan ke Angkringan Baloeng Gadjah ini pun akan mudah ditemui. Ikuti petunjuk papan tersebut pun akan langsung menjangkau angkringan yang dibangun dengan konsep kekinian itu.

Owner Angkringan Baloeng Gadjah di Tuntang, Kabupaten Semarang, Agus Suprapto, mengaku mendirikan angkringan itu sejak 2019. Namun, pada tahun 2020 terjadi pandemi Covid-19 sehingga sempat ditutup. Namun, lambat laun ia berani membuka angkringan itu kembali dengan mengusung konsep new normal.

“Bisnis keliner baru kali ini. Sebelumnya distributor dan pembangunan perumahan. Konsepnya adalah pemberdayaan,” ujar Agus saat dijumpai Solopos.com, Sabtu (13/8/2022).

Baca juga: Kisah Karso Djukut, Jualan dengan Pikulan hingga jadi Angkringan

Ia menjelaskan maksud dari pemberdayaan adalah mengajak kerja sama ibu rumah tangga biasa yang ada di sekitar angkringan itu. Kerja sama itu dengan mengisi makanan yang dijual di Angkringan Baloeng Gadjah. Tak hanya makanan, bahan baku makanan di angkringan itu pun dibeli dari warga sekitar seperti kopi, gula pasir, dan lainnya. Hanya nasi putih dan gorengan yang disediakan sendiri oleh pemilik angkringan.

“Maksud pemberdyaan adalah ibu rumah tangga biasa diajak untuk kerja sama. Apa yang ada di angkringan semuanya dari warga. Bahkan bahan baku juga dari warung warga dan sudah kita bagi-bagi bagiannya,” jelasnya.

Diakuinya ide angkringan pemberdayaan tersebut dari latar belakangnya berorganisasi ketika mahasiswa. “Kalau sendiri rasanya kurang ada kepuasan. Lebih suka bareng-bareng berorganisasi,” ujarnya.

Baca juga: Meriah! Begini Suasana Pawai Jolen Tradisi Merti Desa di Semarang

Saat ini ada sekitar 60 warga yang setiap harinya selalu menyetor makanan untuk disajikan di Angkringan Baloeng Gadjah yang berada di Desa Candirejo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang itu. Mereka menyetor makanan sehari dua kali, yakni pukul 06.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

“Hal itu agar makanan tetap fresh,” terang Agus.

Diakuinya warga cukup terbantu dengan kerja sama yang dilakukan Angkringan Baloeng Gadjah. Sebab ada yang dulunya ibu rumah tangga, namun tidak berani buka usaha. Melihat dagangannya laris menjadi percaya diri. Akhirnya berani buka warung sendiri.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kasus Pembunuhan PNS Semarang Belum Terungkap, 3 Saksi Minta Perlindungan LPSK

      LPSK mengungkap ada tiga saksi dalam kasus pembunuhan PNS Kota Semarang, Iwan Boedi, yang mengajukan permohonan perlindungan.

      Pengacara Semarang Tersangka Suap MA Beri Pernyataan Tertulis, Begini Isinya

      Pengacara asal Semarang, Yosep Parera, yang menjadi tersangka kasus dugaan suap hakim agung Mahkamah Agung (MA) memberikan pernyataan tertulis atas kasus yang tengah menjeratnya.

      Pandemi Melandai, Kunjungan Wisatawan Candi Borobudur Penuhi Target

      Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur pada tahun 2022 ini diklaim telah memenuhi target, yakni 1,2 juta orang.

      Kuburan Massal Terduga PKI di Grobogan, Lokasinya Ada di Hutan Gundih

      Kuburan massal yang dipercaya merupakan tempat pembantaian anggota PKI berada di Hutan Gundih, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan.

      Seru, Ribuan Siswa SMKN 1 Jambu Semarang Buat Kreasi Eceng Gondok

      SMK Negeri 1 Jambu Semarang mengajak seluruh siswa, alumni, dan guru membuat kreasi atau kerajinan dari eceng gondok.

      Mengulik Sejarah Asli Marabunta, Gedung Unik di Kota Lama Semarang

      Gedung Marabunta di kawasan Kota Semarang disebut-sebut memiliki kaitan dengan mata-mata legendaris asal Belanda, Mata Hari.

      Semarang Panas, Suhu Diprediksi Capai 39,5 Derajat Celcius

      Cuaca di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), dalam beberapa hari terakhir sangat terik dan panas dengan suhu mencapai 35 derajat Celcius.

      Wisatawan ke Borobudur Mencapai 1,2 Juta Orang

      Jumlah pengunjung Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terus meningkat seiring dengan melandainya kasus penularan virus corona pemicu Covid-19.

      Beli Oli Yamalube, Warga Jebres Solo Raih Yamaha Aerox

      Seorang warga Jebres, Kota Solo, meraih hadiah satu unit Yamaha Aerox dalam Gebyar Hadiah Sobek Label Yamalube.

      Menengok Gedung Sarekat Islam di Semarang yang Didirikan Tokoh Pendiri PKI

      Gedung Sarekat Islam yang berada di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), didirikan Ketua Umum Pertama PKI, Semaoen.

      Potret Destinasi Wisata di Jateng Dipamerkan di Kota Lama Semarang

      Sejumlah potret destinasi wisata di Jawa Tengah (Jateng) ditampilkan dalam pameran fotografi bertajuk Jawimajinasi di Kota Lama Semarang.

      Driver Ojol Semarang Dikeroyok saat Antre BBM di SPBU Dapat Donasi Rp43 Juta

      Driver ojol yang menjadi korban pengeroyokan saat antre SPBU di Semarang mendapat donasi dari para dermawan.

      DPRD Kota Semarang Sentil Pembangunan RSUD Mijen, Harus Rampung Tahun Ini

      DPRD Kota Semarang mendesak Pemerintah Kota Semarang untuk menyelesaikan pembangunan RSUD Mijen pada akhir tahun ini.

      Keseruan Acara Solopos Goes to Campus 2022 di Udinus Semarang

      Solopos Goes to Campus 2022 menyajikan berbagai keseruan di Kampus Udinus Semarang.

      Gagalkan Aksi Perampokan, Kadus di Semarang Tertusuk Pisau

      Kepala Dusun (Kadus) Ngrawan, Kabupaten Semarang, menjadi korban penusukan saat menggagalkan aksi perampokan.