SOLOPOS.COM - Ilustrasi logo aplikasi Tik Tok. (Pictagram)

Solopos.com, WASHINGTON DC — Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) melarang pengunaan aplikasi Tik Tok pada gadget atau perangkat yang diberikan pemerintah. Alasan keamanan menjadi dasar pelarangan tersebut.

Dikutip dari Detik.com, Director of Public Affairs for US Fleet Cyber Command/US 10th Fleet, Dave Benham, mengatakan pengguna Navy Marine Corps Intranet (NMCI) diperintahkan untuk tidak menginstal dan segera uninstal aplikasi Tik Tok dari perangkat yang disediakan oleh pemerintah seperti Iphone dan Ipad.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menegaskan anggotanya yang tidak menghapus aplikasi tersebut akan diblokir dari NMCI. "Keputusan ini dibuat berdasarkan penilaian ancaman keamanan siber dan konsisten dengan upaya 10th Fleet untuk secara proaktif mengatasi ancaman yang ada dan yang muncul untuk menjaga jaringan kami," kata Benham dalam keterangan resminya.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun Angkatan Laut AS tak menjelaskan secara terperinci ancaman yang dibawa Tik Tok. Sermentara juru bicara Pentagon, Letkol Uriah Orland, mengatakan perintah tersebut adalah upaya untuk mengatasi ancaman yang ada dan muncul.

Popularitas Tik Tok memang sedang meroket di kalangan remaja AS belakangan hari ini. Naiknya popularitas Tik Tok diikuti dengan pengawasan yang lebih ketat dari pemerintah AS.

Ini juga bukan kali pertama militer dan pemerintah AS melarang penggunaan Tik Tok. November lalu, Angkatan Darat AS juga melarang kadetnya menggunakan Tik Tok setelah Senator Chuck Schumer mengungkapkan kekhawatirannya terhadap potensi ancaman keamanan.

Kekhawatiran itu muncul setelah Angkatan Darat AS menggunakan Tik Tok untuk proses rekrutmen mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya