SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Sedimen di pelabuhan dan sungai di Pekalongan dengan 3 kapal keruk.

Kanalsemarang.com, PEKALONGAN-Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, meluncurkan tiga kapal keruk TB Loji sebagai upaya mengurangi tingkat sedimen di pelabuhan dan sungai.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pelaksana tugas Wali Kota Pekalongan Dwi Arie Putranto di Pekalongan, Jumat (11/10/2015), mengatakan bahwa tiga kapal keruk tersebut terdiri atas satu kapal “tug boat” dan dua tongkang buatan Perusahaan Terbatas (PT) Barokah Marine.

“Kapal buatan putra daerah tersebut diberi nama TB Loji 1, TK Loji 2, dan TK Loji 3 yang telah diluncurkan di galangan kapal pada Jumat,” katanya.

Ia mengatakan tiga kapal tersebut dapat digunakan untuk mengeruk lumpur pada sungai dan pelabuhan yang memiliki sedimentasinya relatif cukup tinggi.

“Tersedianya kalap keruk ini juga diharapkan ke depan bisa mengatasi banjir yang sering melanda Kota Pekalongan,” katanya.

Ia mengatakan kapal “Tug boat” tersebut selain dapat dimanfaatkan untuk menarik kapal tongkang juga bisa digunakan untuk menarik kapal ikan milik nelayan yang kesulitan masuk ke Pelabuhan Pekalongan saat air muara surut.

“Nantinya, para nelayan bisa memanfaatkan kapal ‘Tug Boat’ itu pada saat kapal milik mereka tidak dapat masuk ke pelabuhan pada saat air muara surut,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya