Tutup Iklan

Angkat Dirut, RS PKU Muhammadiyah Sragen Ukir Sejarah

Diangkatnya seorang direktur utama (dirut) untuk memimpin RS PKU Muhammadiyah Sragen merupakan sejarah baru bagi rumah sakit ini.

 (Espos/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - (Espos/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Sragen yang terletak di Jalan Sragen-Solo, Krikilan, Masaran, Sragen, mencetak sejarah dengan mengangkat seorang direktur utama (dirut) dan direktur pada Rabu (27/10/2021).

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng K.H. Tafsir melantik dr. Indra Agus Setyawan sebagai Dirut dan Mirah Rejeki sebagai direktur RS di Aula RS PKU Masaran.

Pelantikan tersebut dihadiri Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sragen K.H. Abdullah Affandi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen dr. Hargiyanto, para pimpinan Muhammadiyah Sragen, para direksi rumah sakit lainnya.

Baca Juga: Soal “Kemenag Hadiah untuk NU”, Muhammadiyah Takkan Komplain

Indra setelah dilantik memohon doa restu atas amanah baru yang diberikan. Dengan doa restu tersebut bisa mempermudah bagi Indra dan Mirah untuk mengembangkan RS ke depan.

Ketua PDM Sragen K.H. Abdullah Affandi menyampaikan pengangkatan dirut dan direktur di RS PKU Muhammadiyah Masaran ini merupakan sejarah baru karena sebelumnya tidak ada. Affandi, sapaannya, menilai dirut dan direktur itu pasangan yang saling melengkapi karena dirut sebagai wujud maskulin dan direktur sebagai simbol keibuan atau feminim.

“Pendirian RS PKU ini juga menjadi sejarah baru bagi Muhammadiyah yakni sebagai pelaksana maksud dan tujuan Muhammadiyah. RS PKU ini menjadi tanda hidupnya Muhammadiyah di Sragen untuk melayani dan membantu masyarakat. Sebagai petugas pelayanan di RS PKU ini maka Muhammadiyah mengantar bersama-sama ke surganya Allah. Derajat orang yang mengurus anak yatim itu lebih utama daripada salat. Jadi sama halnya mengurus pasien itu lebih utama dari salat,” ujarnya.

Baca Juga: Peringatan Maulid Nabi ala SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen

Ketua PWM Sragen K.H. Tafsir berharap dirut dan direktur bisa membawa RS semakin maju, berkembang, dan barokah. Dia mengatakan dalam Islam itu ada dimensi sosial. Dia menerangkan mendamaikan atau membangun harmoni sosial itu lebih utama dari salat dan puasa.

Dalam konteks tersebut, Tafsir menyampaikan posisi Muhammadiyah bukan oposisi tetapi bukan loyalis karena perizinan RS itu yang berwenang menerbitkan itu pemerintah.

“Keseimbangan antara ritual dan sosial itu memang didengungkan pimpinan pusat Muhammadiyah. Memahami antara ritual dan sosial itu harus menggunakan tiga pendekatan, yakni bayani, burhani, dan Irfani,” ujarnya.

Baca Juga: Hizbul Wathan FC, Jalan Dakwah Muhammadiyah Lewat Sepak Bola

Tafsir mengatakan dokter dan perawat bertugas sebagai khalifah Allah yang maha penyembuh. Dokter dan perawat itu, kata dia, memiliki tugas mulia untuk menyembuhkan orang yang sakit sehingga jangan dinodai dengan dosa.


Berita Terkait

Berita Terkini

Gibran Jamin Keamanan Mahasiswa Papua Belajar di Solo

Selain menjamin Kota Solo aman ditinggali mahasiswa asal Papua, Gibran Rakabuming Raka juga menyebut Kota Bengawan layak dijadikan tujuan belajar mengingat biaya hidup yang murah dan lokasinya yang strategis.

Pilih Aneka Ayam Panggang Hanya di I Am In Love

Menu I Am In Love ini dikemas dalam aneka menu nasi boks yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tolak Hadiah Sepeda Bupati Sragen, Siswa SD Justru Minta Bus Remote

Seorang siswa SD menolak hadiah sepeda yang ditawarkan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dan memilih hadiah bus remote dengan spesifikasi khusus.

Catat! Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Sragen Hari ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung tiga jam.

Round Up: Guru SMP di Wonogiri Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

Seorang guru dari salah satu SMP negeri di Wonogiri meninggal dunia terpapar Covid-19, Sabtu (27/11/2021).

Ada Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Sukoharjo Hari Ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sukoharjo hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung tiga jam.

Densu hingga Endah Laras Terpantau Syuting Film di Pasar Gede Solo

Denny Sumargo (Densu) dan Endah Laras terpantau mengikuti proses syuting salah satu film di Pasar Gede Solo pada, Minggu (28/11/2021) malam.

Jadwal Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Klaten Hari Ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Klaten hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung lima jam.

Buka Lagi, Kolam Keceh Bulusulur Wonogiri Dilengkapi Terapi Ikan

Kolam Keceh dilengkapi beberapa fasilitas baru seperti terapi ikan, kuliner malam, dan permainan anak.

Sekolah di Solo Diminta Kreatif Rancang Pembelajaran Campuran

Sejumlah sekolah telah berinovasi dengan penggunaan beragam aplikasi, meski ada pula yang masih beradaptasi dengan teknologi informasi.

Pemilihan Putra Putri Batik Solo Akhir Pekan Ini Panaskan SBF 2021

Ajang pemilihan Putra Putri Batik 2021, akhir pekan ini, akan memanaskan agenda Solo Batik Fashion (SBF) 2021 yang akan dibuka pada Senin (6/12/2021).

Tim Gabungan Solo Perketat Pemantauan Tempat Wisata saat PPKM Nataru

Pengetatan pemantauan tempat wistaa agar ke depan tidak muncul lonjakan kasus corona maupun klaster baru persebaran Covid-19.

Disdik Solo Matangkan Rencana PTM di Ruang Terbuka

PTM di ruang terbuka dinilai dapat mengurangi potensi penularan Covid-19 di lingkungan.

Boyolali Bangun Wisata Religi, Ada Replika Ka'bah hingga Padang Arafah

Keberadaan replika ka’bah dan miniatur objek-objek kawasan Timur Tengah akan menambahi koleksi miniatur lain seperti Patung Liberty, Menara Pizza, dan Menara Eiffel.

Keren, Desain Jembatan Unik Karya Mahasiswa UNS Solo Diwujudkan di Pati

Desain jembatan unik bikinan mahasiswa Fakultas Teknik UNS Solo dipakai untuk membangun jembatan di wilayah Kabupaten Pati.

Wonogiri Minta Perantau Tidak Mudik saat Libur Nataru

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menjelaskan sudah mengimbau para perantau melalui pengurus paguyuban perantau supaya tetap berada di wilayah masing-masing selama Nataru.