SOLOPOS.COM - Kepala Dusun (Kadus) I Lumbungkerep Kecamatan Wonosari, Muryadi (paling kiri), mengecek rumah Mbah Painah di desanya, Jumat (19/5/2017). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN – Laju penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Klaten dinilai terbaik nomor tiga di Jateng, Selasa (31/12/2019).

Dalam empat tahun terakhir, angka kemiskinan di Klaten selalu menurun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Data itu diterima Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Klaten dari Badan Pusat Statistik (BPS) di akhir tahun 2019.

Laju penurunan angka kemiskinan di Klaten mencapai 0,69. Angka ini sama persis yang diraih Banjarnegara.

Foto-Foto Banjir di Jakarta

Daerah yang memiliki laju penurunan angka kemiskinan terbaik disandang Banyumas, yakni 0,97.

Sedangkan urutan kedua diisi Wonosobo dan Brebes. Laju penurunan angka kemiskinan di masing-masing daerah yang disebutkan belakangan itu mencapai 0,95.

Besok Jateng Diprediksi Hujan Badai Plus Petir, Ini Peringatan BMKG

“Laju penurunan ini berada di atas Provinsi Jateng sendiri, yakni 0,52,” kata Bupati Klaten, Sri Mulyani, Selasa.

Kepala Bappeda Klaten, Sunarna, mengatakan Pemkab Klaten mampu menurunkan angka kemiskinan dalam beberapa tahun terakhir.

Kisah Kelam PSK: Melayani saat Mens

Angka kemiskinan terus menurun sejak tahun 2016.

Di tahun 2019, angka kemiskinan mencapai 12,28 persen. Jumlah itu menurun dibandingkan tahun 2018, yakni 12,96 persen.

Mencuri di Alfamart, Pemuda Solo Dihajar Massa

“Sekali lagi, data itu yang mengeluarkan BPS. Data itu hasil kerja dari BPS. Tidak ada intervensi dari pemkab,” katanya.

Sunarna mengatakan berbagai upaya dilakukan Pemkab Klaten guna mengurangi angka kemiskinan di Klaten.

Pedagang Bakso Aniaya Istri Siri di Pasar Sragen, Rahang Dipukul Kemaluan Diinjak

Di antaranya berupa program renovasi rumah tidak layak huni (RTLH), jambanisasi, komisi daerah lanjut usia (Komda Lansia), BPJS kesehatan, pelatihan dan pemberdayaan ekonomi, serta program lainnya.

Lowongan Kerja Terbaru, Klik di Sini!

“Total anggaran yang digelontorkan Pemkab di tahun 2019 guna mengentaskan kemiskinan di Klaten senilai Rp41 miliar. Di tahun mendatang [2020], angkanya juga tidak jauh dari angka 2019,” katanya.

Wanita Aceh Bakal Jadi Mantu Cristiano Ronaldo

Selain mengandalkan gelontoran dana dari Pemkab Klaten, lanjut Sunarna, Pemkab Klaten berharap ada peran aktif dari setiap desa di Klaten guna mendukung pengentasan angka kemiskinan ke depan. Di Klaten terdapat 391 desa dan 10 kelurahan.

Perempuan Solo Ditemukan Menggantung di Tangga Mes Karyawan Klaten

“Dari desa bisa saja memanfaatkan keuangan desa untuk pengentasan kemiskinan. Kami mendorong hal tersebut. Harapannya, angka kemiskinan di Klaten akan terus menurun. Selain itu, saat ini juga sudah ada operator di masing-masing desa. Ini terkait dengan update data warga miskin di setiap desa. Berbekal operator desa itu, data warga miskin diharapkan lebih akurat [sehingga program bantuan ke warga miskin dapat berjalan efektif dan efisien],” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya