Angka Kematian Akibat Corona Cukup Tinggi, Ketua Satgas Covid-19: Soloraya Butuh Perhatian Khusus

Letjen Ganip Warsito mengatakan Jawa Tengah, Soloraya, serta Jogja butuh perhatian khusus menyusul angka kematian akibat Covid-19 masih cukup tinggi.

 Kepala BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito, mengecek tempat isolasi terpusat di GOR Gelarsena Klaten, Rabu (28/7/2021). (Solopos-Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Kepala BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito, mengecek tempat isolasi terpusat di GOR Gelarsena Klaten, Rabu (28/7/2021). (Solopos-Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Ganip Warsito, mengunjungi sejumlah tempat penanganan Covid-19 di Klaten, Rabu (28/7/2021). Dalam kunjungan tersebut, Ganip mengecek GOR Gelarsena yang menjadi salah satu tempat isolasi terpusat tingkat kabupaten.

Ganip yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 itu sebelumnya mengecek posko PPKM di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Klaten. Dia mengatakan Jawa Tengah, Soloraya, serta Jogja butuh perhatian khusus menyusul angka kematian akibat Covid-19 masih cukup tinggi.

“Kasus Covid-19 nasional yang melonjak secara eksponensial pada Mei perlahan mulai bisa dikendalikan laju penularannya. Walaupun kami masih mencatat untuk Soloraya dan Jogja menunjukkan angka tingkat kematian cukup tinggi. Ini semua menjadi evaluasi kami apa yang harus dikerjakan,” kata Ganip di sela kunjungannya di GOR Gelarsena.

Baca juga: Anggaran Penanganan Covid-19 Klaten Ditambah Jadi Rp25 Miliar, untuk Apa Saja?

Ganip mengatakan angka kematian di Jawa Tengah (Jateng) yang cukup tinggi perlu diurai. Setelah dievaluasi banyak faktor yang menyebabkan angka kematian akibat Covid-19.

“Mungkin penanganan di hulu dan hilir harus benar. Masyarakat Jateng ini tingkat harapan hidup sudah tinggi.Yang meninggal dunia itu sudah banyak sepuh. Perlu treatment khusus. Selain itu ada komorbid. Kemudian capacity response rumah sakit. Ini yang saya katakan, sudah tambah ICU dan HCU untuk menangani hal-hal yang menjadi perhatian,” kata dia.

Ganip mengatakan pola penanganan di tingkat hulu dan hilir harus kolaboratif. Ganip menguraikan posko PPKM di tingkat desa/kelurahan menjadi garda terdepan yang melaksanakan empat fungsi yakni pencegahan, pembinaan, penanganan, dan dukungan.

“Saya melihat di salah satu desa empat fungsi sudah dilaksanakan dan dikerjakan oleh unsur posko dengan sangat baik. Karena di desa itu puncak tertinggi ada 200 kasus. Kemudian dilakukan penanganan sampai saat ini menurun menjadi sekitar 16 kasus. Ini menunjukkan kinerja sudah bagus,” ungkap dia.

Baca juga: 6 Tabung Oksigen Tersedia di Sidowayah Klaten untuk Bantu Pasien Covid-19

Pada Senin (26/7/2021), Satgas Penanganan Covid-19 Klaten mengumumkan ada 76 pasien Covid-19 meninggal dunia. Sementara, pada Selasa (27/7/2021), satgas mengumumkan ada 42 pasien Covid-19 meninggal dunia.

Angka kumulatif kasus Covid-19 di Klaten per Selasa yakni 28.016 orang dengan jumlah pasien sembuh 22.256 orang, meninggal dunia 1.966 orang, dan masih menjalani isolasi/dirawat di rumah sakit 3.794 orang.

Penanganan Tingkat Hulu

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan penanganan di tingkat hulu sudah dilakukan. Salah satunya dengan membuat tempat isolasi terpusat yang tersebar ke berbagai lokasi.

Dari data yang dihimpun, jumlah total kapasitas tempat tidur di tempat isolasi terpusat sebanyak 914 tempat tidur dan kini terisi sekitar 400 pasien. Pasien tanpa gejala atau bergejala ringan ditempatkan ke tempat isolasi terpusat dimaksudkan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan memisahkan antara orang yang terkonfirmasi dengan yang tidak.

Baca juga: PPKM Level 4 di Klaten: Alun-alun Boleh untuk Jualan, Penyekatan Jalan Protokol Masih Diberlakukan

Soal fasilitas yang disiapkan di tempat isolasi terpusat GOR, Cahyono menuturkan ada makan yang disediakan tiga kali dalam sehari. Di sela-sela itu, ada extra fooding.

“Kemudian kami agendakan obat-obatan dan mutlvitamin. Kami agendakan ada kegiatan senam bersama kemudian siraman rohani dan konsultasi masalah keimanan. Oksigen juga kami siapkan,” jelas dia.

Soal penanganan di rumah sakit, Cahyono menuturkan kapasitas tempat tidur rumah sakit terus ditambah. Disinggung tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit, Cahyono menjelaskan sudah mulai terurai meski dia mengakui tingkat keterisian masih sekitar 90 persen.

“BOR masih cukup tinggi. Namun, pantauan kami retensi sudah berkurang. Sudah tidak ada lagi antrean-antrean di IGD. Sudah berkurang banyak,” kata dia.


Berita Terkait

Berita Terkini

UNS Solo Dampingi IKM di Laweyan Penuhi Syarat SNI Batik

RG RITE Fakultas Teknik UNS Solo memberikan pendampingan kepada IKM Batik Pandono di Laweyan, Solo, agar memenuhi syarat sertifikasi batik.

Jadwal Pemadaman Listrik Sragen Hari Ini (25/10/2021), Mana Saja?

Berikut jadwal pemadaman listrik di Sragen, Jawa Tengah, hari ini, Senin (25/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam.

Jadwal Pemadaman Listrik Solo dan Karanganyar Hari Ini (25/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Solo dan Karanganyar hari ini, Senin (25/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam.

Kwarcab Pramuka Boyolali Targetkan 1.000 Pembina Bersertifikat KMD

Sertifikasi pembina pramuka menjadi urgen menyusul kegiatan kepanduan ini menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah yang menerapkan kurikulum 2013.

Suharno, Peternak Sukses Klaten Punya Kambing Etawa Dihargai Rp300 Juta

Suharno mengakui salah satu kambing etawa pejantan miliknya dihargai hingga Rp300 juta.

Berharap Showroom Bersama Kampung Batik Kauman Solo Dihidupkan Lagi

Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Paguyuban Kampung Wisata Batik Kauman berharap showroom bersama produk batik lokal dihidupkan lagi.

Canon Mati Seusai Ditangkap Satpol PP Aceh, SAS Solo Tuntut Pengusutan

Komunitas Sahabat Anjing Surakarta menuntut pengusutan tuntas kasus anjing bernama Canon yang mati setelah ditangkap Satpol PP di Aceh.

Pemkot Solo Perbarui Kerja Sama Sister City dengan Xian & Zhuhai China

Kerja sama sister city antara Solo dengan dua kota di China diperbarui karena adanya perubahan aturan pada Peraturan Pemerintah.

Kambing Etawa Bikin Milenial Klaten Tertarik Geluti Peternakan

Menggeliatnya peternak kambing etawa di Klaten semakin menggaet kalangan milenial untuk menggeluti usaha bidang peternakan.

Harga Fantastis, Kambing Etawa Jadi Primadona Baru Peternak di Klaten

Meningkatnya jumlah peternak kambing etawa itu menyusul belakangan harga jual kambing tersebut kian fantastis.

SGS 2021, Panitia Yakin Target Rp800 M Tercapai Sebelum Akhir Bulan

Target transaksi Solo Great Sale atau SGS 2021 hingga akhir pekan ini tercapai Rp501 miliar dari total target Rp800 miliar pada akhir bulan nanti.

Ingin Dolan ke TSTJ Solo? Pengunjung Wajib Perhatikan Sejumlah Hal ini

Meski ada kelonggaran, sejumlah aturan tetap harus diperhatikan oleh para pengunjung objek wisata kebun binatang TSTJ Solo.

Rusak, Jl Duwet Raya di Perbatasan Solo-Sukoharjo-Karanganyar Direhab

Pemkot Solo memperbaiki Jl Duwet Raya di perbatasan Solo-Sukoharjo-Karanganyar yang selama beberapa tahun terakhir rusak dan banyak lubang.

Banteng vs Celeng, PDIP Klaten Madep Mantep dengan Megawati

Ketua DPC PDIP Klaten, Sri Mulyani, mengatakan tidak ada dukung mendukung di internal PDIP Klaten dengan narasi banteng vs celeng.  

Siap-Siap! 29 Sekolah Lagi di Solo bakal Dites Swab Acak

Tes swab PCR secara acak di lingkungan bakal digelar di Kota Solo dengan sasaran 29 sekolah jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat.

Puluhan Kader Perempuan PDIP Klaten Ikuti Pembekalan Politik PUAN

Dengan pembekalan tersebut, Sri Mulyani berharap semakin banyak kader perempuan PDIP Klaten yang mengisi pembangunan di Kabupaten Bersinar.