SOLOPOS.COM - Ilustrasi Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, KARANGANYAR — Angka kasus positif Covid-19 di Karanganyar kembali meningkat dalam beberapa hari terakhir. Jika sebelumnya kasus aktif sempat menyentuh angka tiga, kini melonjak menjadi 23 kasus pada Jumat (28/1/2022).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, sejak Selasa (25/1/2022) hingga jumat kasus kasus aktif positif terus mengalami kenaikan, masing-masing berurutan 8, 15, 17, dan 23 kasus.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di antara penyumbang kenaikan angka kasus aktif positif tersebut berasal dari wilayah Kecamatan Jatipuro dan Jaten. Di Jatipuro, sejak Selasa-Jumat angka kasus aktif positif berturut-turut 1, 1, 1, dan 4 kasus. Sedangkan di Jaten pada periode yang sama berturut-turut 0, 3, 4, dan 5 kasus.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 di Karanganyar Tinggal di 3 Kecamatan Ini

Sementara itu, daerah lain yang stagnan dengan satu kasus aktif di periode yang sama adalah Jatiyoso, Jumantono, dan Karangpandan. Ada tujuh kecamatan lain yang nihil kasus aktif positif  yakni Matesih, Ngargoyoso, Jumapolo, Mojogedang, Gondangrejo, Kerjo, dan Jenawi.

Kepala Puskesmas I Jaten, Farida Nurhayati mengatakan para pasien Covid-19 di Jaten merupakan kasus perorangan, bukan klaster. “Mereka dirawat di rumah sakit. Perorangan,” ujarnya, Jumat.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan dengan menjalankan 5 M. Yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Baca Juga: Sembilan Kecamatan di Karanganyar Nol Kasus Corona

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat yang belum vaksinasi agar segera mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan seterusnya. “Tetap 5M dan vaksinasi dosis 1 bagi yang belum,” imbuhnya.

Sebelumnya, kasus Covid-19 di Karanganyar sudah mendekati angka zero alias nihil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya