SOLOPOS.COM - Ilustrasi Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, KARANGANYAR – Jumlah kasus aktif positif Covid-19 di Karanganyar sempat mengalami kenaikan dalam beberapa hari terakhir. Masyarakat diimbau agar tidak lengah dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar yang diunggah di media sosial, jumlah kasus aktif positif Covid-19 hingga pertengahan November pada kisaran angka 30. Namun sejak 26 November, angka mulai naik menjadi 47 kasus. Sehari kemudian atau 27 November, jumlah aktif positif Covid-19 naik menjadi 57 kasus dan terus bertambah 1 kasus setiap hari hingga 29 November menjadi 59 kasus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Tren Kasus Covid-19 Karanganyar Turun, 3 Kecamatan Nol Kasus

Ekspedisi Mudik 2024

Pada pengujung bulan atau 30 November, angka berkurang menjadi 56 kasus dan bertahan hingga 1 Desember, kemudian turun lagi keesokan harinya atau 2 Desember menjadi 50 kasus. Sedangkan pada 3 Desember kasus berkurang 4 angka menjadi 46 kasus, dan bertahan hingga 4 Desember. Meski demikian, tidak ada kasus kematian akibat Covid-19 dalam 13 hari terakhir.

Kepala Dinkes Karanganyar, Purwati, mengatakan sebagian penderita Covid-19 di wilayahnya ini berstatus orang tanpa gejala (OTG). Sebagian di antaranya adalah ibu hamil yang terskrining saat akan menjalani persalinan.

“Mereka ini kebanyakan OTG. Dan akhir-akhir ini banyak ibu hamil yang ketahuan positif [Covid-19] saat diskrining waktu mau menjalani persalinan,” ujarnya saat ditemui di Karanganyar, Sabtu (04/12/2021).

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 Karanganyar Tembus 84,23%

Menurutnya, dengan kenaikan angka kasus aktif positif Covid-19 tersebut, pihaknya mengimbau masyarakat tidak lengah dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Kuncinya [agar tidak terjadi penambahan kasus] adalah penerapan protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan,” ujarnya.

Ia menilai, masyarakat sudah mulai lengah dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Kalau saya amati memang masyarakat mulai lengah terjadap protokol kesehatan. Jadi sekali lagi, jangan sampai lengah protokol kesehatan. Terutama bagi yang sering bepergian harus selalu waspada,” tegas Purwati.

Sementara itu, selama masa pandemi Covid-19 ini angka kumulatif kasus positif Covid-19 di Bumi Intanpari sebanyak 22.727 dengan angka kumulatif sembuh sebanyak 21.293 serta angka kumulatif meninggaal dunia 1.388.

Baca Juga: Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Karanganyar Bakal Digelar di Sekolah

Di sisi lain, capaian vaksinasi Covid-19 hingga 4 Desember 2021 adalah 85.31 persen atau 625.601 orang dari angka sasaran 733.359.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya