Angin Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah, 3 Luka di Deli Serdang
Rumah warga di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung. (Antaranews.com)

Solopos.com, MEDAN — Angin puting beliung menerjang lima desa di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Selasa (15/9/2020) sore. Kejadian ini mengakibatkan sedikitnya 56 rumah warga mengalami rusak ringan hingga berat.

Berdasarkan data Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Rabu (16/9/2020), lima desa yang terdampak tersebut adalah Desa Perdamean dan Desa Wono Sari di Kecamatan Tanjung Morawa.

Kemudian Desa Amplas dan Desa Tembung di Kecamatan Percut Sei Tuan dan Desa Tumpatan Nimbung di Kecamatan Batang Kuis.

Wabup Yalimo Papua Tabrak Polwan Hingga Tewas, Diduga Mabuk

Angin puting beliung yang dipicu oleh faktor cuaca tersebut juga menyebabkan satu orang mengalami luka berat, dua orang mengalami luka ringan, dan sebanyak 14 KK mengungsi ke rumah kerabat.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Kabupaten Deli Serdang telah melakukan kaji cepat musibah angin puting beliung. Evakuasi korban luka ke rumah sakit dan membersihkan sisa puing bangunan dibantu warga sekitar.

Selain itu, BPBD Kabupaten Deli Serdang juga telah menyalurkan bantuan logistik di Kecamatan Hamparan Perak. Serta mengirimkan personel satgas untuk kebutuhan dapur umum.

3 Kecamatan di Sukoharjo Ini Langganan Krisis Air Bersih

Satuan Brimob Polda Sumatera Utara membantu korban bencana angin puting beliung. (Antaranews.com)

Polda Sumut

Satuan Brimob Polda Sumatera Utara juga turut memberikan bantuan terhadap korban bencana di Deli Serdang.

“Sebagai rasa kebersamaan, Satuan Brimob Polda Sumut membagikan 350 makanan untuk warga korban bencana,” kata Kabag Ops Satuan Brimob Polda Sumut Kompol Heriyono, Rabu.

Selain itu, para personel turut serta membantu warga dalam proses pemulihan bangunan yang rusak akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi pada Selasa sore.

Polsek Geyer dan KPH Gundih Ungkap Pembalakan Liar Kayu Sonokeling

Ia mengatakan bahwa kehadiran Brimob ini, selain membantu warga setempat, juga memberikan dukungan dan motivasi.

“Kita juga membagikan puluhan face shield untuk mereka guna mencegah penyebaran Covid-19” katanya dilansir Antaranews.com.

Dia menambahkan sebelumnya Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Martuani Sormin juga telah memberikan bantuan kepada korban angin puting beliung. Bantuan itu berupa beras, mie instan dan sarung kepada warga.

Sumber: Antaranews.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom