SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Sedikitnya 15 rumah rusak parah, puluhannya lainnya rusak ringan akibat terjangan angin puting beliung di Desa Hargomulyo, Gedangsari Gunungkidul, Jumat (29/10) sore.

Slamet, 45, warga Dusun Suruh desa setempat kepada Harian Jogja, Sabtu (29/10) menjelaskan angin kencang mulai terjadi sejak pukul 15.00 WIB, hanya saja puncaknya terjadi sekitar pukul 16.00 WIB disertai hujan deras hingga merobohkan rumah miliknya. Angin dengan kecepatan tinggi tersebut terjadi sekitar 10 menit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Beruntung salahsatu bagian rumahnya masih utuh sehingga bisa dimanfaatkan untuk berteduh.  Pria memiliki dua putra ini menambahkan awalnya ia tidak menduga salah satu bagian rumahnya bakal ambruk, karena angin kencang memang kerap terjadi di desanya lantaran kondisi di dataran tinggi.

Akibat roboh rumahnya yang berbahan bambu itu ia memperkirakan menderita kerugian sekitar Rp5 juta karena harus membangun dari awal. Hingga kemarin ia belum melakukan perbaikan karena terkendala dana.

“Kalau diperbaiki harus mengumpulkan uang karena ini roboh, kalau yang gentengnya usak masih bisa saya usahakan,” terangnya.

Kepala Desa Hargomulyo, Suparjo menyatakan kerusakan parah akibat terjangan angin puting beliung sebanyak 15 rumah sebagian besar terbuat dari bambu sehingga mudah runtuh. Angin tersebut menyapu beberapa dusun seperti Suruh, Jatibungkus, Pace A dan Pace B, akantetapi kerusakan terparah di Dusun Suruh. (HARIAN JOGJA/Sunartono)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya