SOLOPOS.COM - Pasar Ir. Soekarno (ilustrasi/JIBI/dok)

Solopos.com, SUKOHARJO — Bencana angin kencang kembali terjadi di Kabupaten Sukoharjo, Rabu (6/11/2013) sore.

Pantauan Solopos.com di lapangan, sebagian Pasar Ir. Soekarno rusak akibat dihantam angin kencang. Bagian yang rusak yaitu dua plong tempat atau papan reklame di atas lantai II pasar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu, atap belasan lapak tambahan di pasar darurat rusak diterjang angin kencang. Untuk dua plong papan reklame yang rusak berada di bagian depan, sisi selatan bangunan pasar. Papan reklame tersebut dibuat dari susunan beberapa eternit.

Susunan eternit tersebut disangga kerangka balok besi di bagian dalam bangunan. Namun saking kencangnya angin, dua plong papan reklame tersebut sampai jebol. Salah seorang saksi mata, Parmi, mengungkapkan, arah angin dari timur ke barat (menabrak papan).

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Terjangan angin membuat pedagang buah di dekat Pasar Ir. Soekarno dan pengguna jalan lari ketakutan. “Dalam satu hantaman keras, dua plong papan reklame pasar jebol,” ungkap Parmi diamini pedagang lainnya.

Seorang warga lain menilai kerangka papan reklame Pasar Ir. Soekarno tidak kokoh sehingga mudah jebol. Angin kencang juga membuat atap kios tambahan pasar darurat beterbangan. Seorang pedagang bakso, Kiman, menuturkan, angin kencang menghempaskan seng dan kajang dengan ringannya.

Kondisi tersebut membuat para pengguna jalan terpaksa menepi sementara lantaran takut dihantam seng dan kajang. Kiman berharap pembangunan Pasar Ir. Soekarno segera rampung. “Harapan saya pembangunan pasar [Pasar Ir. Soekarno] segera selesai,” tuturnya.

Harapan senada disampaikan pemilik lapak buah di area pasar darurat, Wijiyanto. Menurut dia, lapak tempatnya berjualan memang bisa langsung diperbaiki. “Kalau seperti ini kasihan pedagang seperti saya. Harapan saya pasar segera rampung,” ungkap dia.

Sementara Kabid Operasional Tim SAR Sukoharjo, Muchlis, menjelaskan angin kencang Rabu sore menghantam sebagian wilayah Kecamatan Bendosari dan Sukoharjo. Wilayah Sukoharjo yang terkena angin kencang di antaranya Gayam, Sukoharjo, Begajah dan Jetis.

Sedangkan wilayah Bendosari yang dilanda angin kencang yaitu Desa Mulur. Sejumlah pohon tumbang di jalan yang menghubungkan antara Begajah dengan Mulur. Beruntung tidak ada korban jiwa atau luka dalam musibah tersebut. “Arah angin dari timur menuju barat dan selatan. Arah angin lurus, bukan pusaran,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya