SOLOPOS.COM - Warga mengevakuasi ayam pedaging dari kandang ayam milik Sri Harjono alias Jonet, 43, warga Siwalan RT 004, Desa/Kecamatan Sambirejo, Sragen, Rabu (24/2/2016) pagi. Kandang ayam itu roboh diterpa angin kencang pada Selasa (24/2/2016). (Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Angin kencang Sragen menyebabkan tiga kandang ayam roboh di Sambirejo.

Solopos.com, SRAGEN – Sekitar 5.000 ekor ayam pedaging di Sambirejo, Sragen, berhasil diselamatkan setelah kandang ayam yang menaungi ayam-ayam itu roboh, Selasa (23/2/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada Rabu (24/2/2016) pagi, ayam yang selamat ditimbang dan dijual kepada pedagang yang mendatangi lokasi tersebut.

Wartawan Solopos, Moh. Khodiq Duhri, melaporkan ayam-ayam milik Sri Harjono alias Jonet, 44, warga Siwalan RT 004, Desa/Kecamatan Sambirejo, Sragen, tersebut baru berusia 34 hari dengan bobot rata-rata 1,8 kg/ekor. Seharusnya, ayam-ayam itu baru bisa dipanen pada usia 36 hari dengan bobot sekitar 2 kg/ekor.

Diberitakan sebelumnya, tiga kandang ayam milik dua warga di Desa/Kecamatan Sambirejo, Sragen, ambruk saat hujan disertai angin ribut yang melanda kawasan Sambirejo, Sragen, Selasa (23/2/2016). Menjelang Magrib tiba-tiba ada angin kencang melanda wilayah Sambirejo. Angin ribut itu sempat melintas di depan Koramil Sambirejo.

Dua kandang ayam yang roboh milik Sri Harjono alias Jonet masing-masing berukuran 120 m x 11 m dan 90 m x 10 m. Selain dua kandang ayam itu ada satu kandang ayam kosong milik Nanang Islam, 43, warga Purworejo RT 007, Desa/Kecamatan Sambirejo, roboh, dengan kerugian Rp15 juta.

Sementara itu, Jonet menerangkan satu kandang yang roboh total berisi 10.000 ekor ayam dan sekitar 50% di antaranya selamat. Menurut dia, total kerugian akibat musibah itu mencapai Rp700 juta dengan perincian kandang Rp400 juta dan ayam Rp300 juta. “Satu kandang yang roboh [sebelah utara] belum berisi ayam karena baru jadi,” ujar dia.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya