Kategori: Sragen

Angin Kencang Robohkan Rumah di Purwosuman Sragen, Pemilik Syok


Solopos.com/Tri Rahayu

Solopos.com, SRAGEN — Hujan deras disertai angin kencang merobohkan rumah warga di Dukuh Paingan RT 015, Desa Purwosuman, Sidoharjo, Sragen, Kamis (18/3/2021) pukul 18.00 WIB.

Selain merobohkan rumah, angin kencang juga menumbangkan pohon di tiga lokasi, yakni di Saradan, Karangmalang, Jonggrangan Patihan, dan Winong Patihan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen Sugeng Priyono menyampaikan hujan dan disertai angin itu terjadi pada pukul 17.20 WIB.

Baca juga: Temuan Mayat Bayi Kagetkan Pemancing Di Sungai Bengawan Solo Masaran Sragen

Berdasarkan laporan yang masuk, ujar dia, pohon tumbang terjadi di Jalan Gambiran-Celep, tepatnya di wilayah Desa Saradan Kecamatan Karangmalang, dan dua pohon lainnya di wilayah Desa Patihan, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, yakni di Dukuh Jonggrangan RT 022, dan Dukuh Winong.

“Untuk rumah roboh terjadi di Dukuh Paingan, Purwosuman. Rumah itu milik Sukatmi, 51. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Rumah itu dihuni Sukatmi bersama empat orang anak dan cucunya, yakni pasangan Rohmat Sholeh, 34, dan Murti Rahayu, 34, beserta dua anaknya Syla, 12, dan Joyce, 1,5 tahun. Rumah itu berukuran 8 meter x 12 meter,” ujar Sugeng.

Sugeng menerangkan total kerugian diperkirakan sebanyak Rp39 juta. Rumah roboh itu membuat pemiliknya syok.

Mengirim Bantuan dan Kerja Bakti

Sementara pohon tumbang di tiga lokasi itu mengakibatkan akses jalan terhambat karena melintang jalan. BPBD Sragen sudah mengirim bantuan pangan dan nonpangan kepada keluarga yang rumahnya roboh dan dilanjutkan kerja bakti.

“Kami mengimbau kepada pengguna jalan saat hujan disertai angin untuk waspada karena rawan pohon tumbang dan membahayakan pengguna jalan,” katanya.

Baca juga: Belum Banyak Yang Tahu, Ini 7 Objek Wisata Religi di Sragen yang Layak Dikunjungi

Sugeng mencatat peristiwa pohon tumbang juga terjadi pada Rabu (17/3/2021) lalu di tiga kecamatan, yakni Sumberlawang, Gemolong, dan Karangmalang.

Dia mengatakan di wilayah Sumberlawang ada tiga pohon yang tumbang, tepatnya di wilayah Desa Mojopuro. Satu rumah milik Nyoto di Dukuh Brumbung RT 012, Mojopuro, kata dia, tertimpa pohon yang tumbang sehingga mengakibatkan kerusakan rumah.

“Di Gemolong dan Karangmalang masing-masing satu pohon yang tumbang, yakni di jalan Desa Jatibatur Gemolong dan Jalan Sumaini No 1C, Kroyo, karangmalang. Peristiwa itu juga terjadi pada pukul 17.00 WIB. Kerugian akibat pohon tumbang itu diperkirakan mencapai Rp15 juta,” katanya.

Baca juga: Waterboom Baru di Gondang Sragen Tawarkan Wahana Waterslide 7 Meter Hingga Air Tumpah

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati