SOLOPOS.COM - Ilustrasi angin kencang (JIBI/Solopos/Dok.)

Angin kencang Ngawi menyebabkan belasan rumah rusak, tiga di antaranya bahkan nyaris roboh.

Madiunpos.com, NGAWI — Bencana alam angin kencang melanda wilayah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Jumat (26/2/2016). Putting beliung itu merusak belasan rumah warga setempat dan tiga di antaranya rusak parah hingga nyaris roboh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggota Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ngawi, Aries Tino Hermawan, mengatakan puting beliung itu melanda Desa Jenggrik, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi. Tiga rumah warga yang rusak parah dan nyaris roboh akibat angin kencang Ngawi itu adalah rumah Ginik, Sumardi, dan Herman.

Ekspedisi Mudik 2024

“Tim dari BPBD, TNI, dan Polri dibantu warga desa setempat bergotong-royong mengevakuasi barang milik korban yang dapat digunakan. Kami juga terus mengimbau agar warga waspada selama musim hujan berlangsung terlebih di daerah rawan bencana,” ujar Hermawan kepada wartawan.

Tim juga membantu para korban bencana puting beliung untuk mengevakuasi puing-puing bangunan rumah yang rusak dan bahkan roboh akibat terjangan angin kencang Ngawi itu.

Tanah Ambles
Ginik, korban bencana angin kencang Ngawi itu, mengatakan dalam bencana tersebut sebagian rumahnya roboh, selain karena faktor tanahnya yang ambles, juga disebabkan karena terpaan puting beliung yang disertai hujan deras. “Rumah bagian belakang ambrol total seluruh dindingnya. Beruntung saat kejadian bisa menyelamatkan diri,” kata Ginik.

Sementara itu, rumah milik Sumardi rusak pada bagian terasnya karena tertimpa pohon besar yang tumbang akibat terpaan puting beliung. Sedangkan, rumah milik Herman juga rusak bagian belakangnya bahkan roboh rata dengan tanah akibat terjangan angin kencang Ngawi tersebut.

Curah Hujan
BPBD Ngawi mengimbau warga untuk waspada dengan curah hujan yang masih tinggi hingga beberapa hari ke depan. Terlebih bagi warga yang yang bermukim di daerah rawan bencana.

BPBD Ngawi memetakan wilayah yang rawan banjir terdapat di Kecamatan Kwadungan dan Pangkur; kemudian rawan angin kencang di antaranya Kedunggalar, Gerih, Karangjati, dan Bringin. Sedangkan wilayah rawan longsor di antaranya di Kecamatan Ngrambe, Sine, Kendal, dan Jogorogo.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya