SOLOPOS.COM - Ilustrasi pohon tumbang (JIBI/Solopos/Dok)

Dua rumah di Wonosari, Klaten, rusak tertimpa pohon tumbang akibat angin kencang.

Solopos.com, KLATEN — Hujan deras disertai angin kencang menerjang wilayah Klaten membuat sejumlah pohon tumbang, Kamis (9/11/2017) sore. Dua rumah rusak tertimpa pohon tumbang tersebut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dua rumah yang rusak masing-masing di Pakiswetan, Wonosari, dan Krompakan, Cawas. Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten hingga pukul 16.30 WIB, pohon tumbang terjadi di tiga wilayah.

Ekspedisi Mudik 2024

Satu pohon tumbang menghalangi ruas jalan Karangdowo-Solo wilayah Desa Bakungan, Kecamatan Karangdowo. Di wilayah Pakis Wetan, Kecamatan Wonosari, satu unit rumah tertimpa pohon.

Pohon tumbang juga terjadi di wilayah Desa Bogor dan Tlingsing, Kecamatan Cawas. Pohon-pohon tumbang itu sudah disingkirkan sukarelawan dibantu TNI dan polri.

Camat Cawas, M. Nasir, mengatakan hujan deras disertai angin kencang menerjang wilayah Cawas sekitar pukul 14.30 WIB. Tiga pohon di wilayah Dukuh Pulo, Desa Bogor, tumbang dan menghalangi jalan di tepi tanggul sungai.

Satu unit rumah juga tertimpa pohon di wilayah Dukuh Krompakan. “Pohon tumbang mengenai teras rumah serta bengkel di sampingnya. Pohon juga memutuskan arus listrik,” kata Nasir saat dihubungi Solopos.com, Kamis sore.

Nasir menjelaskan seluruh pohon yang tumbang sudah disingkirkan warga dibantu sukarelawan, TNI, serta Polri. Ia mengatakan tak ada korban luka serta korban jiwa dari peristiwa tersebut.

“Kami langsung menghubungi PLN untuk memperbaiki aliran listrik yang terputus. Saat ini semua sudah tertangani,” katanya.

Kepala BPBD Klaten, Bambang Giyanto, mengatakan mewanti-wanti warga agar memangkas pohon yang tinggi serta rapuh terutama di tepi jalan. Hal itu agar tak membahayakan terutama warga yang melintas.

“Antisipasinya yang jelas harus waspada terutama jika hujan jangan berteduh di bawah pohon apalagi mengaktifkan ponsel. Jangan membuang sampah sembarangan terutama ke sungai atau drainase yang menyebabkan banjir,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya