SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pemilu 2014 (JIBI/Solopos/Antara)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai membuka pendaftaran bagi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2014.

Penangungjawab Divisi Perencanaan, Data-Informasi, Organisasi dan SDM KPU Kulonprogo, Marwanto mengungkapkan pendaftaran anggota PPK itu merujuk pada Surat Edaran (SE) KPU No. 870/ 31 Desember 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia mengatakan, memasuki 2014, KPU Kulonprogo melakukan evaluasi terhadap kinerja penyelenggara ad-hoc pemilu, yakni panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

Dari evaluasi itu, terdapat sejumlah panitia ad-hoc yang perlu dilakukan pergantian antar waktu (PAW).

“Yang sudah jelas dilakukan PAW adalah anggota PPK di Kecamatan Girimulyo, karena ada satu anggota PPK di kecamatan tersebut yang mengundurkan diri”, jelas Marwanto kepada wartawan, Selasa (7/1/2014).

Lebih lanjut dia mengatakan, alasan anggota PPK yang mengundurkan diri itu karena yang bersangkutan pindah domisili sehingga tidak lagi memenuhi syarat sebagai anggota PPK Girimulyo.

Mekanismenya, lanjut dia, jika ada anggota PPK yang mundur maka penggantinya diambilkan dari ranking berikutnya dari daftar PAW. Namun karena di Girimulyo hanya tersisa satu nama daftar PAW PPK dan yang bersangkutan sudah menjadi anggota Panwascam maka KPU menempuh cara membuka pendaftaran lagi.

Untuk proses seleksi PPK ini pendaftaran (pengambilan dan pengembalian formulir) dilakukan pada 7-9 Januari. Kemudian dilanjuktan tes tertulis dan wawancara pada 10 Januari nanti. Formulir pendaftaran dapat diambil di kantor Kecamatan Girimulyo pada jam kerja.

KPU Kabupaten Kulonprogo juga akan melakukan PAW terhadap PPS. Pasalnya ada dua ketua PPS yang terpilih menjadi kepala desa, masing-masing di Kulwaru, Wates dan Banguncipto, Sentolo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya