Anggota PMR PMI Grobogan Buat Peta Risiko Bencana di Sekolah

Anggota Palang Merah Remaja atau PMR PMI Grobogan membuat peta risiko bencana di sekolah atau bahaya, kerentanan, risiko dan kapasitas (BKRK) di sekolah.

 Salah satu kegiatan dalam Konferensi PMR PMI Grobogan 22-24 Juni 2022, adalah pembuatan peta risiko bencana. (Istimewa/PMI Grobogan)

SOLOPOS.COM - Salah satu kegiatan dalam Konferensi PMR PMI Grobogan 22-24 Juni 2022, adalah pembuatan peta risiko bencana. (Istimewa/PMI Grobogan)

Solopos.com, SOLO — Anggota Palang Merah Remaja atau PMR PMI Grobogan membuat peta risiko bencana di sekolah atau bahaya, kerentanan, risiko dan kapasitas (BKRK) di sekolah.

Pembuatan peta risiko bencana atau BKRK di sekolah tersebut menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan anggota PMR Wira dalam Konferensi PMR PMI Grobogan, pada 22-24 Juni 2022.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Anggota PMR harus menjadi pengerak pengurangan risiko bencana yang ada di sekolah maupun di masyarakat. Yakni dengan memahami bahaya, kerentanan, risiko dan kapasitas [BKRK],” kata Kasi Pelayanan Masyarakat PMI Kab. Grobogan Gesit Kristyawan, Sabtu (25/6/2022).

Dengan pembuatan peta BKRK oleh anggota PMR, lanjut Gesit, sekolah atau warga sekolah mengetahui di mana letak bahaya atau ancaman bencana di sekolahannya.

“Sehingga apabila terjadi bencana bisa mengetahui risikonya. Kemudian kapasitas atau SDM yang dipunyai apa saja. Termasuk apabila terjadi bencana PMR dan sekolah harus bersikap bagaimana,” tambahnya.

Baca juga: Mantap! Juara Regional, Tim Robotika Upgris Lolos ke Final KRI 2022

Dengan kegiatan ini, tambah Gesit, anggota PMR bisa mendapatkan ilmu tentang sekolah aman. Juga dapat berperan sebagai penggerak kegiatan pengurangan risiko bencana di sekolah.

Selain itu peserta dapat mengembangkan Tri Bakti PMR. Yaitu berkarya dan berbakti di masyarakat, berperilaku hidup bersih dan sehat, mempererat persahabatan nasional dan internasional.

Menurut Sekretaris PMI dan Kepala Markas PMI Grobogan Djasman, sebagai kader PMI, PMR dapat memberikan masukan terkait kegiatan PMI melalui Konferensi PMR.

“Konferensi PMR menjadi ajang para remaja untuk mengembangkan jiwa Kepalangmerahannya dan mempersiapkan relawan–relawan muda sebagai pengerak di lingkungannya,” jelas Djasman.

Baca juga: Cuci Tangan Dan Kaki di Embung, Petani di Grobogan Tenggelam

Kegiatan yang digelar di Markas PMI Grobogan diikuti oleh 36 SMA/SMK/MA di Kabupaten Grobogan juga melakukan pemilihan koordinator Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis).

Terpilih sebagai koordinator Forpis Grobogan Bela Wahyu Hestiningsih dari SMAN 1 Wirosari, menggantikan Zahra Mauizah dari SMA N 1 Gubug.

Koordinator Forpis memiliki tugas melakukan koordinasi dan komunikasi untuk PMR se-Kabupaten Grobogan untuk membantu kegiatan pelayanan PMI Grobogan.

“Selanjutnya Bela akan mewakili PMI Kabupaten Grobogan untuk maju ke Forpis tingkat Jawa Tengah tahun ini,” imbuh Gesit.

 

 

 

 

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

      + PLUS Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

      Karya seni rupa—mayoritas lukisan—dipamerkan dan diperjualbelikan bersama barang-barang antik, unik, langka, dan klasik di Rumah Banjarsari, Jl. Syamsyurizal Nomor 10, Setabelan, Banjasari, Kota Solo, Jawa Tengah.

      Berita Terkini

      Wow! Pemuda Semarang Ternak Emprit, Harganya Capai Rp10 Juta Per Pasang

      Pemuda asal Kota Semarang membudidayakan burung emprit yang harganya mencapai Rp10 juta per pasang.

      Siswa SMK Semarang yang Terseret Ombak di Parangtritis Belum Ketemu

      Seorang siswa SMK Kartini Semarang yang terseret ombak di Pantai Parangtritis belum ditemukan sampai sekarang.

      Komunitas Sepeda dan Satlantas Grobogan Gelar Detik-Detik Proklamasi

      Komunitas sepeda tua, Satlantas Polres Grobogan dan warga menggelar upacara bendera Detik-Detik Proklamasi di sejumlah ruas jalan.

      Mobil di Grobogan Terbakar, Pemilik Mengalami Luka Bakar

      Satu unit mobil terbakar di Dusun Demangan, Desa Ngabenrejo, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Rabu (17/8/2022). Satu orang menderita luka bakar.

      HUT Ke-77 RI, 184 Narapidana Lapas Purwodadi Terima Remisi Umum

      Kemenkum HAM memberikan remisi umum dalam rangka HUT-77 RI kepada 184 narapidana Lapas Kelas II B Purwodadi.

      Siswi SMA N 2 Kudus Jadi Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI di Istana

      Siswi SMA N 2 Kudus, Jawa Tengah, I Dewa Ayu Firsty menjadi pembawa bendera merah putih dalam upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). 

      Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini, Cerah Berawah di Hari Kemerdekaan

      Berikut prakiraan cuaca di Semarang pada hari ini, Rabu (17/8/2022) atau bertepatan dengan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Unik! Malam Tirakatan di Purworejo, Warga Malah Diajak Bayar PBB

      Warga Parikesit, Kelurahan Pangenjuru Tengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, memiliki cara unik melaksanakan malam tirakatan memperingati HUT ke-77 RI, Selasa (16/8/2022).

      Kronologi Pengeroyokan yang Sebabkan Pemuda di Kendal Meninggal

      Berikut kronologi pengeroyokan yang menyebabkan seorang pemuda di Desa Plantaran, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, meninggal dunia.

      PHMI Ingin Ekspansi ke Jateng, Ini Misi yang Diusung

      Perkumpulan Hotel dan Media Indonesia atau PHMI berencana melakukan ekspansi atau melebarkan sayapnya di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

      Pelajar SMK Semarang Terseret Ombak Parangtritis, Begini Kata Orang Tua

      Pelajar SMK di Semarang terseret ombak saat berwisata di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

      Galau Kena Tilang, Pemuda di Semarang Letakkan Sabu-Sabu di Pos Polisi

      Aparat Polrestabes Semarang menangkap seorang pemuda yang berniat meletakkan narkoba jenis sabu-sabu di dekat Pos Polisi Bangkok, Jalan M.T. Haryono.

      Unik, Petugas Satpas SIM Polres Grobogan Pakai Baju Adat dan Pejuang

      Merayakan HUT ke-77 RI, petugas layanan SIM Satlantas Polres Grobogan kenakan baju adat dan pejuang, Selasa (16/8/2022).

      Wow! HUT ke-77 RI, Warga Kudus Bentangkan Bendera Merah Putih 1,44 Km

      Bendera Merah Putih sepanjang 1,44 km terbentang di jalan Desa Honggosoco, Kudus, untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Terinspirasi Jokowi, Ganjar Akan Kenakan Baju Adat saat Upacara HUT RI

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku terkesima dengan baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi saat mengikuti Sidang Tahunan MPR.