Tutup Iklan

Anggota Paskhas AU Bawa Jateng Tambah Medali Emas PON Papua

Penerjun payung, Jawa Tengah (Jateng), Fatoni, berhasil menambah koleksi emas untuk Provinsi Jawa Tengah di ajang PON XX Papua.

 Penerjun payung, Jawa Tengah (Jateng), Fatoni, merayakan kemenangan sesaat setelah memperoleh medali emas di venue Terjun Payung PON XX Papua, di kawasan kantor pusat Pemerintah Kabupaten Mimika, pada Rabu (13/10/2021). (Istimewa/Dok PB PON XX Papua)

SOLOPOS.COM - Penerjun payung, Jawa Tengah (Jateng), Fatoni, merayakan kemenangan sesaat setelah memperoleh medali emas di venue Terjun Payung PON XX Papua, di kawasan kantor pusat Pemerintah Kabupaten Mimika, pada Rabu (13/10/2021). (Istimewa/Dok PB PON XX Papua)

Solopos.com, MIMIKA – Penerjun payung, Jawa Tengah (Jateng), Fatoni, berhasil menambah koleksi emas untuk Provinsi Jawa Tengah di ajang PON XX Papua. Anggota Paskhas AU itu sukses merebut medali emas kategori ketepatan mendarat perorangan putra, di kawasan kantor pusat Pemerintah Kabupaten Mimika, pada Rabu (13/10/2021).

Fatoni dalam keterangannya usai perlombaan, mengatakan pencapaiannya merupakan hasil kerja keras dan doa yang dipanjatkan oleh seluruh keluarga serta rekan-rekannya. Menurutnya, selama jalannya pertandingan memerlukan tenaga ekstra.

“Pertandingan hari ini [final] cukup menguras tenaga, karena bukan hanya kami yang harus konsentrasi pada penerjunan, tetapi juga menjaga protokol kesehatannya. Setiap hari harus swab dahulu,” ujarnya dilansir dari website resmi PON XX Papua.

Baca Juga: Sragen Kirim 21 Atlet Paralimpik ke Papua, Targetkan Rebut 19 Medali

Fatoni mengaku sempat pesimistis bakal membawa pulang medali emas. Hal itu dikarenakan cuaca di Mimika yang sulit diprediksi. Namun ia meyakini doa dan harapan yang dipanjatkan bakal membawanya kepada prestasi maksimal.

“Semua orang pasti berharap untuk mendapatkan emas. Saya berdoa kepada Tuhan untuk diberikan kemudahan dan alhamdulillah berhasil,” kata dia.

Ia menambahkan poin terpenting dalam gelaran PON XX kali ini yakni tidak ada kecelakaan yang menimpa para atlet. Menurutnya, zero accident jauh lebih berharga dibandingkan urutan klasemen yang hanya persoalan waktu.

Padahal ia mengakui terjun di Mimika sangat menantang. Selain cuaca yang sulit ditebak, kecepatan angin di Mimika sulit diprediksi. Menurutnya, sering terjadi kondisi cuaca dan angin berbeda dengan prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Cuaca disini itu tidak bisa diprediksi. Kami lihat BMKG itu besok panas, tapi ternyata malah hujan, begitu juga sebaliknya,” ujar dia.

Kondisi Cuaca

Dalam pertandingan final, cuaca juga tidak begitu bersahabat. Saat pertandingan final, cuaca cenderung mendung dan gelap namun pertandingan masih bisa digelar. Sehingga itu menjadi tantangan penerjun payung dalam kelas ketepatan mendarat walaupun kekuatan penerjun cenderung merata.

Fatoni bercerita telah mengikuti banyak perhelatan kejuaraan terjun payung seperti baik pra PON, PON, dan kejuaraan dunia terjun payung khusus militer di Hungaria, Jerman dan China. Bahkan, saat virus corona merebak ia baru saja sepekan pulang di Indonesia setelah dari Wuhan, China.

Baca Juga: Tak Mau Kalah dari Mandalika, Sirkuit Sentul Ingin Gelar F1 dan Moto GP

“Baru satu pekan setelah saya dari Wuhan, Covid-19 merebak jadi saya bersyukur sekali. Penerjun muda jangan sampai sombong dan merasa hebat, penerjun hebat itu penerjun yang melewati batas usia tetap bisa terjun. Lalu, jangan sampai menyalahkan cuaca,” paparnya.

Ia juga mendorong penerjun muda untuk bisa melampaui karier para senior penerjun. Semua itu bisa dilakukan dengan tekun dan terus meyakini harapan. Fatoni turut berterima kasih kepada panitia pelaksana yang sudah terus mengecek kesehatan setiap atlet. Hal itu membuat kondisi atlet tetap prima sebelum dan sesudah bertanding.


Berita Terkait

Berita Terkini

Manchester City Bercokol di Posisi Puncak Seusai Tundukkan Watford 3-1

Manchester City merebut posisi puncak klasemen Liga Inggris seusai membekuk Watford 3-1 dalam laga pekan ke-15 di Stadion Vicarage Road.

West Ham Tundukkan Chelsea, Liverpool Menang Atas Wolverhampton

West Ham United merontokkan rekor pertahanan Chelsea demi meraih tiga poin dalam laga pekan ke-15 Liga Inggris. West Ham menang dengan skor 3-2.

Mantap! Marcus/Kevin Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses melaju ke babak final BWF World Tour Finals 2021.

Prediksi Skor Wolves vs Liverpool, The Reds Menang Selisih 2 Gol?

Pekan ke-15 Liga Premier Inggris akan menyajikan duel menarik antara Wolverhampton Wanderers melawan Liverpool.

Prediksi Skor dan Susunan Pemain West Ham vs Chelsea, Siapa Menang?

Pemuncak klasemen sementara Liga Premier Inggris, Chelsea, mendapat tantangan dari sesama tim London, West Ham United, pada pekan ke-15.

Peringatan Hari Disabilitas, Penyandang Berlatih Panjat Dinding di Solo

Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti latihan panjat dinding perdana sekaligus deklarasi lahirnya Indonesian Paraclimbing Club (Indpac).

Greysia/Apriyani Kalah di Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu gagal melaju ke partai puncak BWF World Tour Finals 2021.

Jadwal Liga Inggris Malam Ini, Wolves vs Liverpool Ditayangkan SCTV

Liga Premier Inggris kembali digeber pada akhir pekan ini setelah pada tengah pekan lalu juga memainkan laga.

Timnas Indonesia Tiba di Singapura, Egy dan Elkan Belum Gabung

Timnas Indonesia telah tiba di Singapura untuk terjun Piala AFF 2020 setelah menempuh perjalanan panjang dari Antalya, Turki, pada Kamis (2/12/2021) malam.

Jalan Terjal Persis Solo di Babak 8 Besar Liga 2

Persis Solo tergabung dalam Grup X bersama Sriwijaya FC, RANS Cilegon FC, dan Persiba Balikpapan dalam lanjutan babak delapan besar Liga 2 Indonesia.

Viral! Eks Striker Timnas Indonesia Tendang Suporter di Tribune

Eks striker Timnas Indonesia, Saktiawan Sinaga, melakukan aksi tak terpuji saat berlaga di Liga 3 bersama klub Medan Utama.

Statistik Iqbal Al Ghuzat, Bek PSG Pati yang Jadi Incaran Persis Solo

Persis Solo dikabarkan mengincar pemain PSG Pati, Iqbal Al Ghuzat, untuk menambah kekuatan pada babak 8 Besar kompetisi Liga 2.

Hasil Lengkap Pertandingan Pekan ke-14 Liga Inggris dan Klasemen

Liga Premier Inggris telah menyelesaikan pertandingan di pekan ke-14. Sejumlah tim top berhasil memetik kemenangan.

Selamat! Greysia/Apriyani Lolos Semifinal BWF World Tour Finals

Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses melaju ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2021.

Hore! Liga Basket Mahasiswa Bergulir Kembali

Liga Mahasiswa (LIMA) Basketball 2021 resmi bergulir ditandai tip off oleh Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan di kawasan Robinson Cisarua, Bogor.