Anggota DPRD Klaten Merasa Bugar Meski Sempat Positif Covid-19
Ilustrasi hasil tes virus corona. (Reuters)

Solopos.com, KLATEN — Salah seorang anggota DPRD Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menjalani isolasi mandiri selama belasan hari terakhir karena dinyatakan positif Covid-19.

Meski terpapar virus corona, anggota DPRD tersebut merasa badannya selalu bugar dan dalam kondisi siap menjalankan tugas sebagai wakil rakyat dalam waktu dekat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, seorang anggota DPRD Klaten yang dinyatakan positif Covid-198 itu berinisial ES. Yang bersangkutan dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 di awal November 2020.

Sebelum terpapar virus corona, ES memang diketahui memiliki penyakit penyerta, yakni diabetes. Sebelum dinyatakan terkonfirmasi Covid-19, ES telah menjalani medical check up bersama puluhan anggota DPRD Klaten lainnya di Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras Klaten.

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Libur Akhir Tahun, Wali Kota Solo: Jangan Keluar Kota atau Mudik!

Di kesempatan itu, juga dilakukan rapid test dengan hasil nonreaktif. Meski seperti itu, ES merasa tak enak badan. Selanjutnya, ES berkonsultasi lanjutan dengan salah seorang dokter.

Di hadapan dokter, ES menceritakan memiliki gejala tak merasakan kenikmatan saat makan. ES pun minta diinfus dan akhirnya dirawat di RSD Bagas Waras Klaten.

Di waktu berikutnya, ES dirujuk ke RS Siloam Jogja. Di lokasi tersebut, salah satu anggota DPRD Klaten itu sempat menjalani tes swab dengan hasil positif Covid-19. Alhasil, ES menjalani perawatan di RS Siloam.

Isolasi Mandiri

Setelah menjalani perawatan di RS Siloam, ES dipersilakan menjalani isolasi mandiri lanjutan di rumahnya dalam 2-3 hari terakhir. Saat ini, ES menunggu hasil tes swab terakhir sembari menaati protokol kesehatan di rumahnya.

"Saya itu hanya merasakan sakit di hari pertama dan kedua [di RS]. Setelah itu, saya merasa sehat [bugar]. Saya tidak mengalami batuk, enggak sakit tenggorokan, dan tak merasakan gejala Covid-19 lainnya. Makanya saya bertanya-tanya sampai sekarang. Saya tak tahu tertular dari mana? Saya sampai sekarang itu sampai enggak percaya [bahwa sudah dinyatakan terkonfirmasi Covid-19]," Kata ES kepada Solopos.com, Kamis (26/11/2020).

ES mengatakan sebanyak 14 anggota dari keluarga besarnya juga sudah menjalani tes swab dengan hasil negatif Covid-19. Hal itu termasuk anak dan istrinya. Hasil swab angota lain di DPRD juga negatif Covid-19.

"Saya juga masih menjalin komunikasi dengan anggota DPRD Klaten yang lain. Saat ada rapat anggaran, saya masih komunikasi, termasuk melalui WhatsApp (WA). Soalnya, saya merasa memang sudah sehat," katanya.

Diketahui Sebelum Screening

Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, mengatakan salah seorang anggota dewan di Kabupaten Bersinar diketahui positif Covid-19 jauh sebelum dilakukan screening di DPRD setempat.

Ganti Rugi Tanah Kas Desa Lebih Rendah Daripada Tanah Warga, Pemdes Kahuman Klaten Bingung

Sejauh ini, DPRD Klaten tetap menaati protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, dan lainnya.

"Hingga sekarang [ES] masih melakukan isolasi mandiri [lanjutan]. Saya pun juga tetap komunikasi via WA. Terkait antisipasi di DPRD Klaten, di sini sudah dilengkapi alat deteksi suhu tubuh portable dan menaati protokol kesehatan. Di setiap undangan, selalu ada NB bagi yang bergejala batuk, panas, dan lainnya tak perlu masuk," kata Hamenang.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Anggit Budiarto, mengatakan kondisi ES sudah membaik.

"Sudah selesai dan sembuh," katanya singkat.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom