Anggota DPRD Jateng Putra Bungsu KH Dimyati Rois, Ini Sosoknya…

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebanyak 120 anggota DPRD Jateng masa bakti 2019-2024 resmi dilantik, Selasa (3/9/2019). Pelantikan para legislator yang terpilih pada Pemilu 2019 itu digelar di Gedung DPRD Jateng, Kota Semarang.

Dari sekian banyak anggota parlemen yang dilantik itu ada satu yang terbilang masih muda. Dia adalah M. Abu Hafsin Al Muktafa asal Kabupaten Kendal.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Lahir di Kendal, 18 Februari 1997, pria yang akrab disapa Gus Tafa itu duduk di kursi dewan di usia 22 tahun. Ia terpilih sebagai anggota parlemen Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng 13 yang meliputi Kabupaten Pekalongan, Batang, Pemalang, dan Kota Pekalongan.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu melenggang ke Gedung Berlian, sebutan Kantor DPRD Jateng, setelah meraih 29.715 suara.

Menjadi anggota termuda yang duduk di kursi DPRD Jateng, Gus Tafa mengaku tidak minder. Ia siap bersinergi dengan anggota parlemen yang lain, yang usianya jauh lebih tua.

“Saya rasa sih enggak masalah. Saya enggak merasa kecil hati karena besar dari keluarga politik. Ayah saya, bahkan kakak saya yang menginspirasi juga pernah bekerja di dunia politik. Jadi wajar-wajar saja,” ujar Gus Tafa saat dijumpai Semarangpos.com seusai acara pelantikan.

Keluarga besar Gus Tafa memang akrab dengan dunia politik Tanah Air. Ayahnya merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Al Fadlu wal Fadillah, Kabupaten Kendal, K.H. Dimyati Rois alias Mbah Dim.

Bagi kalangan Nahdliyin nama Mbah Dim bukanlah sosok yang asing. Ulama karismatik itu memiliki banyak pengikut dan juga kepercayaan untuk mengisi posisi Ketua Dewan Syura PKB.

Sementara kakaknya, Alamuddin Dimyati Rois, juga cukup akrab dikenal di dunia politik Tanah Air. Bahkan, pada periode 2014-2019 lalu, Alamuddin Dimyati Rois tercatat sebagai anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi PKB.

“Saya ingin mengikuti jejak mereka. Memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya di Jateng dan dapil saya,” imbuh putra bungsu Mbah Dim itu.

Gus Tafa menambahkan menjadi anggota DPRD Jateng, dirinya kerap mendapat wejangan dari sang ayah maupun kakak.

“Pesannya sederhanya. Harus memberikan manfaat. Enggak usah memberikan janji-janji, yang penting bermanfaat bagi masyarakat,” ujar pria yang juga akrab disapa Gus Bontot itu. 

Biodata Gus Tafa

Nama lengkap: M. Abu Hafsin Al Muktafa

Alamat: Jl. Sunan Katong, Djagalan Timur RT 006/RW 002, Desa Kutoharjo, Kaliwungu, Kendal.

Agama: Islam

Status: Lajang

Riwayat pendidikan:

  • SDN 02 Kutoharjo
  • SMP: Paket B
  • SMA: Paket C

Daerah Pemilihan: Jateng 13 (Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Batang, Kota Pekalongan)

Jumlah suara: 29.715 suara

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Persebaran PMK Meluas, Kebutuhan Hewan Kurban 1,81 Juta Ekor

+ PLUS Persebaran PMK Meluas, Kebutuhan Hewan Kurban 1,81 Juta Ekor

Pemerintah meluncurkan gerakan disinfeksi nasional, Kamis (30/6/2022), untuk mengendalikan penyakit mulut dan kuku (PMK). Wabah PMK makin meluas di 19 provinsi dan tak hanya menjangkiti sapi.

Berita Terkini

Melihat Sejarah Solo Tempo Dulu di Pameran Foto Monumen Pers

Menampilkan puluhan foto-foto lama Kota Solo sekitar tahun 1900-an

Persebaran PMK Meluas, Kebutuhan Hewan Kurban 1,81 Juta Ekor

Pemerintah meluncurkan gerakan disinfeksi nasional, Kamis (30/6/2022), untuk mengendalikan penyakit mulut dan kuku (PMK). Wabah PMK makin meluas di 19 provinsi dan tak hanya menjangkiti sapi.

Dies Natalis, UT Surakarta Tebar 19.000 Bibit Ikan di Waduk Cengklik

Dalam rangka Dies Natalis yang ke-38 Universitas Terbuka (UT) Surakarta menyelenggarakan kegiatan bakti sosial menebarkan benih ikan di Waduk Cengklik, Boyolali.

Solopos Hari Ini: Momentum Tepat Misi Jokowi

Misi perdamaian yang dibawa Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ukraina dan Rusia diapresiasi. Upaya diplomasi itu disambut baik oleh pemimpin Ukraina dan Rusia yang diiringi isyarat positif kedua pihak bertikai.

Momen Presiden Jokowi Bertemu Presiden Putin di Istana Kremlin Rusia

Presiden Jokowi menyatakan siap menjadi jembatan komunikasi antara Presiden Ukraina dan Presiden Rusia agar kedua pihak mencapai perdamaian

Bisnis Alkes Diprediksi Melejit Lima Tahun ke Depan, Ini Pendorongnya

Ada tiga faktor yang disebut menjadi pendukung dalam mendongkrak pertumbuhan bisnis alkes dalam lima tahun mendatang.

UNS Pasang EWS Indoor di 100 Rumah di Karanganyar, Ini Lokasinya

Ketua tim peneliti dari Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS, Ahmad Marzuki mengatakan timnya mengembangkan sensor indoor dan sudah dipasang pada 100 rumah di 11 desa di Kabupaten Karanganyar.

Khusus Mobil! Ini Mekanisme Baru Daftar BBM Subsidi Lewat MyPertamina

PT Pertamina (Persero) menerapkan mekanisme baru pendaftaran BBM subsidi melalui website MyPertamina, khusus untuk mobil.

Khusus Mobil! Ini Mekanisme Baru Daftar BBM Subsidi Lewat MyPertamina

PT Pertamina (Persero) menerapkan mekanisme baru pendaftaran BBM subsidi melalui website MyPertamina, khusus untuk mobil.

Kelurahan Gayam Sukoharjo Jadi Juara 1 Lomba Tiga Pilar Polda Jateng

Konsep Tiga Pilar adalah konsep kekompakan, keterpaduan, dan kerja sama dalam satuan lingkungan pemerintahan kelurahan atau desa antara lurah bersama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas

UBS Makin Anjlok! Cek Harga Emas Pegadaian, Jumat 1 Juli 2022

Harga emas yang dijual di Pegadaian, Jumat (1/7/2022) hari ini untuk cetakan UBS turun, sedangkan Antam tidak berubah jika dibandingkan harga sebelumnya.

Hewan Kurban Wajib Ada SKKH, Begini Cara Peroleh SKKH di Boyolali

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, drh. Afiany Rifdania, mengatakan SKKH untuk hewan yang digunakan untuk kurban di dalam daerah Boyolali dan ternak yang dikirim ke luar daerah berbeda.

Tarif Tiket Pesawat Dievaluasi, Bakal Naik?

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengevaluasi penyesuaian Tarif Batas Atas (TBA) tiket pesawat guna mendukung pemulihan industri penerbangan.

Harga Bitcoin Anjlok di Bawah US$19.000, Pasar Kripto Kian Terguncang

Harga Bitcoin anjlok 6,1 persen menjadi US$18.866,77 pada Kamis pukul 20.04 GMT atau Jumat (1/7/2022) pagi WIB.

Vaksinasi PMK di Boyolali Sasar Sapi Sehat, Untuk Sapi Sembuh?

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, drh. Afiany Rifdania, mengungkapkan sapi-sapi yang sembuh dari PMK akan mendapatkan perlakuan yang berbeda.