Putra bungsu K.H. Dimyati Rois, M. Abu Hafsin Al Muktafa atau Gus Tafa, menjadi anggota DPRD Jateng termuda masa bakti 2019-2014. (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG – Sebanyak 120 anggota DPRD Jateng masa bakti 2019-2024 resmi dilantik, Selasa (3/9/2019). Pelantikan para legislator yang terpilih pada Pemilu 2019 itu digelar di Gedung DPRD Jateng, Kota Semarang.

Dari sekian banyak anggota parlemen yang dilantik itu ada satu yang terbilang masih muda. Dia adalah M. Abu Hafsin Al Muktafa asal Kabupaten Kendal.

Lahir di Kendal, 18 Februari 1997, pria yang akrab disapa Gus Tafa itu duduk di kursi dewan di usia 22 tahun. Ia terpilih sebagai anggota parlemen Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng 13 yang meliputi Kabupaten Pekalongan, Batang, Pemalang, dan Kota Pekalongan.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu melenggang ke Gedung Berlian, sebutan Kantor DPRD Jateng, setelah meraih 29.715 suara.

Menjadi anggota termuda yang duduk di kursi DPRD Jateng, Gus Tafa mengaku tidak minder. Ia siap bersinergi dengan anggota parlemen yang lain, yang usianya jauh lebih tua.

“Saya rasa sih enggak masalah. Saya enggak merasa kecil hati karena besar dari keluarga politik. Ayah saya, bahkan kakak saya yang menginspirasi juga pernah bekerja di dunia politik. Jadi wajar-wajar saja,” ujar Gus Tafa saat dijumpai Semarangpos.com seusai acara pelantikan.

Keluarga besar Gus Tafa memang akrab dengan dunia politik Tanah Air. Ayahnya merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Al Fadlu wal Fadillah, Kabupaten Kendal, K.H. Dimyati Rois alias Mbah Dim.

Bagi kalangan Nahdliyin nama Mbah Dim bukanlah sosok yang asing. Ulama karismatik itu memiliki banyak pengikut dan juga kepercayaan untuk mengisi posisi Ketua Dewan Syura PKB.

Sementara kakaknya, Alamuddin Dimyati Rois, juga cukup akrab dikenal di dunia politik Tanah Air. Bahkan, pada periode 2014-2019 lalu, Alamuddin Dimyati Rois tercatat sebagai anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi PKB.

“Saya ingin mengikuti jejak mereka. Memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya di Jateng dan dapil saya,” imbuh putra bungsu Mbah Dim itu.

Gus Tafa menambahkan menjadi anggota DPRD Jateng, dirinya kerap mendapat wejangan dari sang ayah maupun kakak.

“Pesannya sederhanya. Harus memberikan manfaat. Enggak usah memberikan janji-janji, yang penting bermanfaat bagi masyarakat,” ujar pria yang juga akrab disapa Gus Bontot itu. 

Biodata Gus Tafa

Nama lengkap: M. Abu Hafsin Al Muktafa

Alamat: Jl. Sunan Katong, Djagalan Timur RT 006/RW 002, Desa Kutoharjo, Kaliwungu, Kendal.

Agama: Islam

Status: Lajang

Riwayat pendidikan:

  • SDN 02 Kutoharjo
  • SMP: Paket B
  • SMA: Paket C

Daerah Pemilihan: Jateng 13 (Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Batang, Kota Pekalongan)

Jumlah suara: 29.715 suara

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten