Anggota DPRD Jateng: Jangan Sampai Anggota Karang Taruna Nganggur

Menurut anggota DPRD Jateng Baginda Muhammad Mahfuz anggota karang taruna harus bisa menunjukan kemampuan yang bermanfaat.

 Bupati Grobogan Sri Sumarni memberikan sambutan dalam kegiatan Penguatan SDM dan Kelembagaan Menuju Karang Taruna yang Berprestasi, di pendapa Kabupaten Grobogan, Sabtu (2/7/2022). (Solopos/Arif Fajar S)

SOLOPOS.COM - Bupati Grobogan Sri Sumarni memberikan sambutan dalam kegiatan Penguatan SDM dan Kelembagaan Menuju Karang Taruna yang Berprestasi, di pendapa Kabupaten Grobogan, Sabtu (2/7/2022). (Solopos/Arif Fajar S)

Solopos.com, PURWODADI — Anggota DPRD Jawa Tengah sekaligus Pembina Karang Taruna Jateng, Baginda Muhammad Mahfuz ingin anggota karang taruna di Kabupaten Grobogan tidak menganggur.

Hal itu disampaikan Baginda saat memberi motivasi dalam kegiatan Penguatan SDM dan Kelembagaan Menuju Karang Taruna yang Berprestasi, di Pendapa Kabupaten Grobogan, Sabtu (2/7/2022).

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Jangan sampai ada anggota karang taruna menganggur, atau karena menganggur kemudian makanya jadi anggota karang taruna,” kata Baginda.

Caranya dengan melihat potensi yang ada di Grobogan, misal peternakan. Maka, sambung Baginda, ikut pelatihan peternak agar bisa beternak, sapi, domba atau kambing.

Sehingga sebagai anggota karang taruna bisa menunjukan kiprahnya di masyarakat dengan menunjukan kemampuan yang bermanfaat khususnya secara ekonomi.

Baca juga: Mantap! Temanggung Surplus Cabai hingga Agustus 2022

Saat pandemi Covid-19 lanjut Baginda, masyarakat dipaksa untuk memanfaatkan teknologi digital. Mulai belajar, bekerja, dan memesan makanan secara online.

“Kendati digitalisasi menyebabkan aktivitas sosial berkurang, namun jika dimanfaatkan secara bijak akan sangat membantu,” jelasnya.

Hal ini, tambah Baginda, menjadi tugas karang taruna untuk memanfaatkan teknologi digital misalnya untuk promosi potensi dari Kabupaten Grobogan.

“Jika perlu punya divisi khusus untuk mengindentifikasi potensi yang ada di Grobogan sehingga mampu menumbuhkan ekonomi di masyarakat. Untuk itu anggota karang taruna harus mampu berkompetisi,” ujar Baginda.

Baca juga: 54 Anggota Polres Grobogan Naik Pangkat Pas HUT Bhayangkara

Menanggapi saran dari Baginda, Bupati Grobogan Sri Sumarni langsung menawari anggota karang taruna di Grobogan untuk mengelola kandang ternak.

“Ada kandang ternak di Kecamatan Wirosari yang mampu menampung sekitar 300 ekor. Silahkan karang taruna mengelolanya, nanti kita carikan bantuan. Bisa juga dikomunikasikan dengan bang Baginda sebagai anggota DPRD Jateng,” ujar Bupati Sri Sumarni.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Grobogan Kurniawan mengatakan, kegiatan di pendapa tersebut memang ditujukan untuk meningkatkan SDM anggota karang taruna.

“Kami juga mengundang narasumber, Ketua Karang Taruna dari Desa Keling, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, dari organizer dan wartawan,” jelas Kurniawan.

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Langit dari Bumi di Observatorium Bosscha dan Ancaman Polusi Cahaya

      + PLUS Langit dari Bumi di Observatorium Bosscha dan Ancaman Polusi Cahaya

      Observatorium Bosscha yang berlokasi di Lembang, Jawa Barat adalah observatorium astronomi modern pertama di Asia Tenggara, yang berkatnya pengamatan langit dari bumi dapat mendukung pengembangan astrofisika dalam topik bintang, namun kini terancam polusi cahaya.

      Berita Terkini

      Blora akan Dikenalkan Sebagai Kota Barongan, Apa Itu?

      Bupati Blora Arif Rohman menyatakan Blora akan memperkenalkan kesenian barongan sebagai daya tarik wisawatan untuk berkunjung ke Blora.

      Mayat di Saluran Air Jalan Sriwijaya Semarang Diduga Korban Tabrak Lari

      Mayat laki-laki yang ditemukan di saluran air Jalan Sriwijaya atau depan Perpustakaan Daerah Jateng, Kota Semarang, diduga merupakan korban tabrak lari.

      Kasat Lantas Polres Grobogan Pindah Jadi Kapolsek di Sukoharjo

      AKP Sri Martini menjabat sebagai Kapolsek Sukoharjo di Polres Sukoharjo, untuk itu jabatan Kasat Lantas Polres Grobogan disi AKP Deni Eko Prasetyo .

      Bupati Pemalang Dikabarkan Kena OTT KPK, Ganjar: Saya Sudah Ingatkan

      Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, dikabarkan terkena operasi tangkap tangan atau OTT dari KPK saat berada di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

      Asyik! Bikin SKCK di Polres Salatiga Bisa Diantar ke Rumah

      Satintelkam Polres Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), membuat layanan antar SKCK ke rumah pemohon.

      Mayat Perempuan dalam Kardus di Demak Misterius, Ini Ciri-cirinya

      Aparat Polres Demak, Jawa Tengah (Jateng), mengaku belum mengetahui identitas mayat perempuan yang ditemukan terbungkus dalam kardus.

      DPRD Jateng Beri Target, Perbaikan Jalan Solo-Purwodadi Selesai 2023

      Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng, Hadi Santoso, menargetkan perbaikan ruas Jalan Solo-Purwodadi selesai pada 2023.

      Ada Luka pada Mayat di Jalan Sriwijaya Semarang, Korban Pembunuhan?

      Sosok mayat laki-laki ditemukan di saluran air yang ada di Jalan Sriwijaya, Kota Semarang.

      Dulu Ramai! Ini Deretan Bekas Hotel di Semarang yang Kini Angker

      Berikut deretan bangunan bekas hotel di Kota Semarang yang memberi kesan mistis dan terlihat angker serta banyak menyimpan kisah misteri.

      Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Nasional, Megawati: Saya Setuju Banget

      Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, menyebut Ratu Kalinyamat, layak mendapat gelar pahlawan nasional karena kegigihan menghadapi kolonial Portugis.

      Terungkap! Ini Identitas Mayat di Kali Jalan Sriwijaya Semarang

      Mayat laki-laki ditemukan di saluran air Jalan Sriwijaya, Kota Semarang, tepatnya di depan Perpustakaan Daerah Jateng.

      Astagfirullah! 2 Pelajar SMA di Pekalongan Bercumbu di Depan Masjid

      Aksi sepasang pelajar SMA di Pekalongan yang bercumbu di depan masjid viral di media sosial.

      Alun-Alun Lama Kudus bakal Direvitalisasi, Segini Anggarannya

      Pemerintah Kabupaten Kudus berencana melakukan revitalisasi pada alun-alun lama yang saat ini menjadi Taman Menara Kudus pada akhir tahun 2022 ini.

      Dikira Boneka, 2 Bocah di Semarang Temukan Mayat di Jalan Sriwijaya

      Sosok mayat laki-laki ditemukan mengambang di saluran air atau kali di Jalan Sriwijaya, atau depan Perpustakaan Daerah Jateng, Kota Semarang.

      Pencabulan bocah 14 Tahun di Grobogan, Polisi Periksa Sejumlah Saksi

      Satreskrim Polres Grobogan memeriksa sejumlah saksi dan korban dalam kasus pencabulan bocah perempuan berusia 14 tahun di Tawangharjo.