SOLOPOS.COM - Ilustrasi jumlah kursi DPRD Kota Solo 2024 (JIBI/dok)

Kanalsemarang.com, SEMARANG—Pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Semarang berupaya menggiatkan langkah pembekalan terhadap para legislator baru dari parpol itu dalam menjalankan tugas-tugas kedewanan.

“Pada Senin [11/8/2014]-Selasa [12/8/2014] lalu, kami sudah mengadakan pembekalan di tingkat internal, 15 anggota dewan hadir,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang Hendrar Prihadi seperti dikutip Antara, Senin (18/8/2014).

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Dalam pembekalan internal itu, kata dia, diundang para pakar yang menguasai pembahasan susunan dan kedudukan kedewanan dan para praktisi berpengalaman di legislatif maupun eksekutif sebagai narasumber.

Pembekalan itu, kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi yang juga Walikota Semarang itu, dimaksudkan memberikan pemahaman bagi para legislator baru atas tugas pokok dan fungsi kedewanan.

“Kemarin [pembekalan] adalah tahap awal. Pasti nanti akan ada pembekalan-pembekalan terus, terutama dari kepartaian terhadap para legislator yang ada di fraksi PDI Perjuangan,” katanya.

Meskipun didominasi para legislator baru, Hendi sepenuhnya percaya bahwa secara kelembagaan DPRD Kota Semarang bisa menyelesaikan tugas-tugas sesuai dengan bidang yang sudah ditentukan.

“Sehingga pada saat pembahasan di komisi A atau bidang pemerintahan, misalnya, pasti anggota dewan di komisi A bisa memahami, di komisi B atau penganggaran, komisi C, dan komisi D,” katanya.

Apabila nantinya terjadi problem di tingkat internal dewan, kata dia, tidak akan menjadi persoalan karena sekretariat dewan (setwan) memiliki anggaran untuk melakukan bimbingan teknis.

“Jadi, saya rasa bukan sebuah persoalan. Pasti setwan sudah menganggarkan proses pembelajaran untuk teman-teman DPRD sehingga cepat beradaptasi. Kami percaya teman-teman bisa segera menjalankan tugas,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya