SOLOPOS.COM - DPRD (dprd.go.id)

Harianjogja.com, JOGJA-Jumlah anggota DPRD perempuan di DIY dan kabupaten kota sudah mengalami peningkatan tetapi belum sesuai harapan.

“Keterwakilan perempuan di DPRD Kota Jogja periode ini mencapai 25 persen,” kata Anggota KPU Kota Jogja Sri Surani.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Sri Retnowati, anggota DPRD Kota Jogja yang kembali terpilih dalam pemilu legislatif, kali ini mengaku dengan 10 orang wakil perempuan di Dewan menjadi bukti bahwa perempuan dibutuhkan masyarakat. Meski jumlahnya masih 25%, dia optimistis perempuan mampu mempengaruhi kebijakan terutama yang berpihak pada kaum perempuan.

Menurut Retno-sapaan akrabnya, keterwakilan perempuan di DPRD Kota Jogja lima periode lalu juga 10 orang, namun jumlah tersebut enam diantaranya adalah hasil dari Pergantian Antar Waktu (PAW).

“Kalau yang terpilih dalam pileg hanya empat orang,” kata dia.

Kondisi yang sama juga terjadi di DPRD Gunungkidul.Dari 45 kursi yang tersedia, hanya tujuh kursi yang diisi caleg peremupuan. Komisioner KPU Gunungkidul Divisi Sosialiasai Pendidikan Pemilih dan Humas Yudha Ayu Nindarsih mengakui dibandingkan periode yang lalu, legislator perempuan di Gunungkidul mengalami peningkatan. Karena, sebelumnya hanya ada enam anggota dewan perempuan, tapi untuk periode 2014-2019 meningkat jadi tujuh anggota Dewan.

Sayangnya, jumlah ini masih jauh dari angka 30%, karena hanya mencapai 15,5% dari seluruh kuota anggota dewan Gunungkidul.

“Semuanya kan tergantung pilihan pemilih. Jadi, penetapan kemarin merupakan hasil dari seluruh rakyat yang menggunakan hak pilihannya pada 9 April lalu,” katanya.

Yudha mengakui keterwakilan perempuan sebesar 30 persen, baru sekadar di calon semata. Sedangkan, untuk kuota wakil rakyat perempuan masih jauh. Apalagi, penentuannya mutlak berada di tangan rakyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya