SOLOPOS.COM - Anggoro Widjojo (Detik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK) bersyukur penangkapan buron tersangka korupsi Anggoro Widjojo terjadi sebelum perayaan Tahun Baru Imlek di China.

“Tentu kami bersyukur penangkapan Anggoro oleh Kepolisian Shenzhen, China, terjadi sebelum Imlek. Tim cukup beruntung karena jika di luar itu tentu segala sesuatunya tidak akan maksimal,” kata Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto  di kantornya di Jakarta, Jumat dini hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Bambang, jika momentum penangkapan itu terjadi saat bertepatan atau sesudah perayaan tahun baru Imlek, tentu akan banyak kesulitan karena di China liburan Imlek bisa berlangsung dua pekan lebih. Hal itu akan menyulitkan berbagai proses penangkapan. Kini seluruh buron KPK telah ditangkap.

“Dengan ditangkapnya saudara AW [Anggoro Widjojo], maka tunai sudah utang KPK untuk menangkap seluruh tahanan KPK yang melarikan diri,” katanya.

Kakak dari Anggodo Widjojo itu merupakan tersangka kasus dugaan suap Sistem Komunikasi Radio Terpadu (SKRT) di Kementerian Kehutanan (Kemenhut). Bos PT Masaro Radiokom itu diduga menyuap anggota Komisi IV DPR saat itu, seperti Al-Amin Nur Nasution, Azwar Chesputra, Hilman Indra, dan Fachri Andi Leluas.

Penyuapan itu dilakukannya untuk memuluskan jalan mendapatkan proyek SKRT pada 2007. PT Masaro merupakan rekanan Kementerian Kehutanan dalam pengadaan SKRT 2007 bernilai proyek sekitar Rp180 miliar. Anggoro diterbangkan ke Indonesia pada sore hari waktu setempat dan tiba di Gedung KPK sekitar pukul 22.37 WIB.

Dia langsung diperiksa KPK selama sekitar 4,5 jam. Setelah itu, Anggodo ditahan di Rumah Tahanan POM Guntur Cabang KPK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya