SOLOPOS.COM - Stadion Maguwoharjo (IST)

Stadion Maguwoharjo (IST)

JOGJA—Pembangunan Stadion Maguwoharjo di Sleman dapat dilakukan tahun ini karena anggaran senilai Rp6 miliar siap dicairkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berbarengan dengan cairnya anggaran untuk Maguwoharjo, stadion di Kulonprogo juga mendapat anggaran pembangunan sebesar Rp6 miliar.

Wakil Ketua Komisi C DPRD DIY Arif Rahman Hakim kepada Harian Jogja, Minggu (18/3), menyatakan dana pembangunan kedua stadion itu telah dianggarkan dalam APBD murni Provinsi DIY 2012.

Ekspedisi Mudik 2024

Di Maguwoharjo, anggaran diperuntukkan pemasangan lampu Stadion sehingga dapat digunakan untuk pertandingan malam hari

Di Kulonprogo, anggaran untuk pembangunan tribun stadion. “Itu sudah dianggarkan tahun ini. Pemerintah kan inginnya adil. Sebelumnya hanya menganggarkan untuk Stadion Sultan Agung Bantul untuk lampu pada 2011, jadi untuk Sleman dan Kulonprogo tahun ini,” terang Arif.

Politisi PKS ini beharap sebelum dana dicairkan ada komunikasi dulu antara eksekutif khususnya Pemda Sleman dan Kulonprogo untuk penggunaan anggaran secara rinci.     Sejauh ini, imbuh Arif, belum ada pembicaraan ke arah itu. “Sampai sekarang belum ada permohonan untuk membahas anggaran ini. Kami maunya ada pembicaraan ke sana karena supaya lebih jelas,” tuturnya.

Lebih lanjut Arif menegaskan daerah  sudah waktunya memprioritaskan pembangunan dasar lainnya seperti kesehatan dan pendidikan, tak hanya di bidang olahraga.

Menurut dia, dana stadion yang telah dianggarkan tersebut dapat saja dibatalkan bila daerah belum siap membangun.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY Bambang Wisnu Handoyo membenarkan dana senilai Rp12 miliar telah dianggarkan dalam APBD Provinsi. Pencairannya menunggu kesiapan kedua daerah.

Timnas bisa main  
Bila sudah siap membangun tinggal mengajukan pencairan anggaran ke provinsi agar segera dilakukan pencatatan bahwa dana tersebut masuk APBD daerah.

“Jumlah dananya sekitar Rp6 miliar masing-masing, kalau nggak salah sama dnegan Bantul dulu. Anggaran sudah ada tinggal menunggu kesiapan Sleman saja,” tegas Bambang.

Sejumlah suporter PSS Sleman mendukung agar lampu di Maguwoharjo segera terpasang. Menurut Pedro, salah seorang suporter yang sering menyaksikan latihan tim PSS, jika lampu segera terpasang, stadion itu bisa digunakan sebagai  tempat pertandingan laga usiran tim-tim kompetisi kasta tertinggi atau laga tim nasional.

“Tentu saja bisa memberikan tambahan pemasukan bagi pemerintah setempat,” ujar pegiat forum suporter PSS di dunia maya ini.

Menurut Pedro, masyarakat Sleman sudah terlalu lama menanti terpasangnya lampu stadion. Sejak 2009 rencana pemasangan lampu sudah dihembuskan tapi sampai kini tidak kunjung terealisasi.

Dia berharap semoga pencairan anggaran serta proses tender segera dilaksanakan agar pemasangan lampu segera terealisasikan tahun ini.

Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan Kekayaan Daerah Sleman Samsidi mengungkapkan pemasangan lampu Maguwoharjo menjadi tanggung jawab Pemprov DIY. “Kalau sudah dianggarkan tahun ini, berarti bisa terpasang tahun ini juga,” ujarnya.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya