Tutup Iklan

Anggaran Pilkada Sragen 2020 Diteken, Berapa Nilainya?

Berdasarkan NPHD tersebut, KPU Sragen mendapat jatah Rp24.438.000.000 sedangkan Bawaslu Rp6.822.000.000.

Anggaran Pilkada Sragen 2020 Diteken, Berapa Nilainya?

SOLOPOS.COM - Ketua KPU Sragen Minarso (tiga dari kanan) menandatangani naskah NPHD Dana Pilkada 2020 di Ruang Rapat Bupati Sragen, Selasa (1/10/2019). (Istimewa/KPU Sragen)

Solopos.com, SRAGEN -- Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sragen 2020 akhirnya ditandatangani.

Penandatanganan dilakukan antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sragen, dan Bupati Sragen di Ruang Rapat Bupati Sragen, Selasa (1/10/2019) lalu.

Berdasarkan NPHD tersebut, KPU Sragen mendapat Rp24.438.000.000 sedangkan Bawaslu Rp6.822.000.000. Total anggaran Pilkada 2020 mencapai Rp31.260.000.000.

Lima komisioner KPU Sragen mendapat waktu lebih dulu untuk bertemu Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) yang dipimpin Sekda Tatag Prabawanto.

Baca Juga: Pilkada Sragen: Anggaran Bawaslu Membengkak Rp1,3 Miliar

“Setelah penandatanganan NPHD dengan anggaran Rp24.438.000.000 itu, KPU mulai menyusun perencanaan kegiatan. Pada 1 November 2019 nanti, KPU harus memulai sosialisasi tahapan pilkada kepada masyarakat. Istilahnya launching pilkada,” ujar Ketua KPU Sragen Minarso kepada Solopos.com, Rabu (2/10/2019).

Dia menerangkan seluruh tahapan pilkada sudah diatur dari KPU pusat. Aturan itu di antaranya terkait jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 1.644 TPS dan perkiraan jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap sebanyak 800.000 pemilih.

Kepastian data pemilih masih menunggu daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sragen.

Baca Juga: Pemkab, KPU, dan Bawaslu Sragen Belum Sepakati Angaran Pilkada Sragen 2020

Ketua Bawaslu Sragen Dwi Budhi Prasetya mengakui anggaran yang diberikan ke Bawaslu hanya Rp6.822.000.000. Bawaslu segera memulai tahapan pilkada dengan rekrutmen Panwascam. Bawaslu membutuhkan tiga personel Panwascam per kecamatan sehingga total kebutuhannya ada 60 orang,” ujarnya.

Budhi segera mengumumkan rekrutmen Panwascam pada pertengahan Oktober ini. Untuk keperluan rekrutmen tersebut, Pemkab Sragen harus mencairkan dana pilkada untuk Bawaslu paling lambar 14 hari sejak NPHD ditandatangani.

“Pada 2019, Bawaslu mendapat alokasi Rp25 juta untuk rekrutmen Panwascam, mulai dari seleksi administrasi, ujian tertulis sampai pelantikan yang dijadwalkan pada Desember. Panwascam yang dilantik akan mulai bekerja pada Januari 2020,” tuturnya.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Akhirnya, Semua Korban Perahu Terbalik di Kedungombo Boyolali Ditemukan

Semua atau sembilan korban tenggelam perahu terbalik di Kedungombo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, akhirnya berhasil ditemukan.

Ini Akibat Langgar Prokes, Restoran di Madiun Digeruduk Satgas Covid-19

Salah satu restoran di Kota Madiun ditegur Satgas Covid-19 lantara menerima tamu lebih dari 50% kapasitas yang diperbolehkan.

Barcelona Juara Liga Champions Wanita Seusai Hancurkan Chelsea 4 Gol Tanpa Balas

Barcelona tampil cemerlang saat mengalahkan Chelsea 4-0 untuk memenangkan trofi Liga Champions Wanita pertama mereka dalam sejarah klub pada Senin (17/5/2021) dini hari WIB.

Solopos Hari Ini: Fatal di Tengah Wabah

Koran Solopos Hari Ini edisi Senin (17/5/2021) mengulas tentang fatal di tengah wabah terkait musibah perahu terbalik di Kedungombo, Boyolali.

Uji Coba PTM Tahap III Jenjang SMA/SMK di Wonogiri Masih Tanda Tanya

Setelah tahap II selesai, belum ada keputusan kapan uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM tahap III SMA/SMK di Wonogiri bakal dimulai.

Ditemukan, Jasad Anak Balita 1,5 Tahun Korban Perahu Terbalik Kedungombo Boyolali

Petugas gabungan di Kedungombo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, kembali menemukan satu korban terbaliknya perahu di lokasi tersebut.

20 Warga Sekampung di Sumber Solo Positif Covid-19, 1 Orang Dirawat di RS

Satu dari 20 warga sekampung di wilayah Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, yang positif Covid-19 dirawat di rumah sakit karena bergejala.

AC Milan Gagal Kunci Tiket Liga Champions Seusai Diimbangi Cagliari

Cagliari menggagalkan upaya AC Milan mengunci tiket Liga Champion seusai menahan lawannya itu dengan skor 0-0 dalam laga pekan ke-36 Liga Italia.

Belajar Dari Kasus WKO, Perahu Wisata Rawa Jombor Klaten Dilarang Angkut Penumpang Lebihi Kapasitas!

Pengelola perahu wisata di Rawa Jombor, Klaten, diminta tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas.

Tundukkan Bilbao, Real Madrid Tetap Berjuang hingga Pekan Terakhir

Real Madrid menang 1-0 di kandang Athletic Bilbao di San Mames, Minggu (16/5/2021) malam waktu setempat. Namun Real Madrid harus tetap berjuang hingga pekan terakhir kompetisi

2 Korban Perahu Terbalik Kedungombo Belum Ketemu, Pencarian Lanjut Pakai Drone Bawah Air

Dua korban perahu terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, yang belum ketemu akan dicari pakai drone robotic underwater atau drone bawah air.

Indonesia, Malaysia, dan Brunei Kutuk Agresi Israel ke Palestina

Keterangan tertulis pernyataan bersama tiga negara itu diunggah oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui akun twitternya, Minggu (16/5/2021).