SOLOPOS.COM - Mobil operasional DPRD Bantul (JIBI/Harian Jogja/Endro Guntoro)

Penghasilan anggota DPRD Bantul mulai tahun depan akan menyedot Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) hingga Rp20 miliar setahun

Harianjogja.com, BANTUL– Penghasilan anggota DPRD Bantul mulai tahun depan akan menyedot Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) hingga Rp20 miliar setahun. Kenaikan tunjangan anggota Dewan semakin membebani APBD.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Anggaran Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Pemkab Bantul Trisna Manurung mengatakan, pemerintah telah menghitung total anggaran yang digunakan untuk membayar penghasilan anggota DPRD Bantul setelah menyesuaikan aturan kenaikan tunjangan Dewan.

Nilainya kata dia, mencapai hingga Rp20 miliar setahun bahkan lebih. Bila dirinci per orang, tiap anggota Dewan dalam sebulan bisa menikmati penghasilan minimal Rp30 juta dari semula sekitar Rp18 juta.

“Ada kenaikan anggaran sekitar Rp10 miliar [penghasilan Dewan] dengan adanya tunjangan. Sebelumnya dianggarkan sekitar Rp10 miliar hingga Rp11 miliar [setahun] jadi totalnya mencapai hingga Rp20 miliar setahun dengan kenaikan tunjangan,” kata Trisna Manurung, Selasa (29/8/2017).

Kendati nilainya mencapai puluhan miliar, lanjutnya, Pemkab tetap harus menganggarkan. Sebab kenaikan tunjangan tersebut merupakan amanah Peraturan Pemerintah (PP) No.18/2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Regulasi yang dikeluarkan rezim Presiden Joko Widodo tersebut mengamanahkan kenaikan sejumlah tunjangan seperti Tunjangan Komunikasi Intensif (TKI), dana representasi dan lainnya hingga tujuh kali lipat. “Kami harus mengikuti aturan meski berat, kami tidak pernah tidak mengikuti aturan,” ujar dia.

Dana senilai Rp20 miliar itu akan dianggarkan pada 2018. Sementara untuk tahun ini, pemerintah kata dia baru menganggarkan sebagian tunjangan Dewan (menyesuaikan kenaikan), terhitung Septemper hingga Desember mendatang.

Untuk periode September hingga Desember 2017 saja, total anggaran penghasilan Dewan ditetapkan sekitar Rp5 miliar. Penyesuaian anggaran itu akan dimasukkan pada APBD Perubahan 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya