SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang (Dok/JIBI)

Anggaran Karanganyar senilai Rp418 juta dialokasikan untuk korban bencana alam.

Solopos.com, KARANGANYAR – Sebanyak 210 keluarga korban bencana alam di Kabupaten Karanganyar menerima bantuan sosial keuangan Rp500.000-Rp5 juta per orang sesuai tingkat kerusakan yang diderita akibat bencana alam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar menyerahkan bantuan sosial keuangan total Rp418 juta.

Penyerahan bantuan dilaksanakan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar pada Jumat (18/11/2016). Sebanyak 210 keluarga itu berasal dari 17 kecamatan di Karanganyar. Mereka merupakan korban bencana alam yang terjadi selama periode Januari-September 2016.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Karanganyar, Nugroho, menyampaikan BPBD memiliki total alokasi dana bantuan sosial keuangan Rp600 juta berasal dari APBD Perubahan Kabupaten Karanganyar.

BPBD memiliki sisa dana bantuan keuangan sosial Rp182 juta. Dana itu akan digunakan hingga pertengahan Desember 2016.

“Kerusakan ringan mendapatkan Rp500.000-Rp1,5 juta. Rusak sedang Rp3 juta dan Rp5 juta untuk rusak berat. Niat mengurangi beban masyarakat sekaligus penyemangat supaya mandiri,” kata Nugroho saat memberikan sambutan menggunakan Bahasa Jawa.

Nugroho menyampaikan jumlah korban bencana alam pada periode I ini lebih banyak apabila dibandingan periode yang sama tahun lalu. Dia juga mengungkapkan bahwa bencana alam pada 2015 didominasi kebakaran, tetapi pada 2016 rata-rata kebakaran dan tanah longsor.

Di sisi lain, Nugroho menyampaikan korban bencana alam pada Oktober hingga pertengahan November akan mendapatkan bantuan sosial keuangan periode II yaitu pada pertengahan Desember. Dia menghitung jumlah korban bencana alam pada periode II mencapai 50 keluarga.

“Kira-kira ada 50 keluarga yang menjadi korban bencana alam pada Oktober hingga pertengahan November ini. Kami lihat tiga pekan mendatang. Semoga situasi aman,” ujar dia.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada tiga korban bencan alam. Salah satunya, warga Sindurejo, Jatiharjo, Jatipuro. Perempuan lanjut usia itu menerima bantuan Rp3 juta karena rumah miliknya tertimpa bencana alam. Yuli, sapaan Juliyatmono, bertanya kepada Miyem uang bantuan akan digunakan untuk apa.

Perempuan lanjut usia itu menjawab akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk sedikit diberikan kepada cucu. “Mugi-mugi berkah. Agak hati-hati karena masih musim kemarau basah. Jangan lupa sedekah dengan menanam pohon. Itu sedekah alam,” tutur Yuli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya