SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesta. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Ribuan orang berkumpul di Jembatan Charles, Kota Praha, Ceko, Selasa (30/6/2020). Mereka berkumpul demi berpesta merayakan perpisahan dengan wabah Covid-19 yang mereka anggap sudah berakhir.

Pekan lalu, Pemerintah Ceko memang sudah mengizinkan adanyqa pertemuan publik dengan 1.000 orang. Selain itu, kolam renang, museum, kebun binatang, dan kastil mulai dibuka kembali tanpa batas jumlah pengunjung.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bukan hanya itu, restoran, bar, pub juga telah diizinkan untuk melayani pembeli yang ingin menyantap sajian di dalam ruangan. Padahal, World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan wabah virus corona belum akan berakhir.

Solo Masih Zona Kuning Risiko Covid-19, Warga Jangan Abaikan Protokol Kesehatan!

Namun hal itu tak menghalangi warga Ceko menggelar pesta perpisahan dengan wabah Covid-19 yang mereka anggap sudah berakhir.

Penduduk dari segala usia dan jenis kelamin tumpah ruah, menongkrong berdekatan tanpa masker. Sambil mendengarkan alunan musik, mereka saling berbagi makanan dan minuman yang dibawa dari rumah.

Perusahaan Daerah Milik Pemkab Sukoharjo Dibubarkan, Piutang Rp4 Miliar Belum Tertagih

"Kami ingin merayakan akhir dari krisis virus corona dengan membiarkan orang bertemu dan menunjukkan bahwa mereka tidak takut melihat satu sama lain, mereka tidak takut mengambil sepotong sandwich yang dibawa tetangganya," ujar penyelenggara pesta dan pemilik kafe, Ondrej Kobza, seperti dikutip Suara.com dari BBC.

Salah satu pengunjung acara, Galina Khomchenko-Krejcikova mengatakan dirinya mengetahui pesat tersebut lewat Facebook. "Saya baru saja menyelesaikan shift malam, jadi saya tidak punya waktu untuk mempersiapkan apa pun. Tapi kami membawa anggur dan makanan ringan yang ada di rumah," ucapnya.

9 Sepeda Motor Hasil Penggelapan Perempuan Serengan Solo Belum Diambil, Diduga Milik Perorangan

Perayaan tersebut menandai berakhirnya lockdown di Ceko. Namun sepertinya, wabah Covid-19 di Ceko belum benar-benar berakhir.

Berdasarkan data Worldometers hingga Rabu (1/7/2020) pukul 14.32 WIB, masih ada 11.954 kasus positif Covid-19 di Ceko dengan 349 kematian dan 7.771 dinyatakan sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya