Anggap Rumput Stadion Manahan Solo Terlalu Empuk, Begini Saran FIFA

FIFA telah mengecek kondisi rumput di lapangan Stadion Manahan Solo untuk kali kedua pada tanggal 23 September 2022.

 Rumput di sisi kiri lapangan Stadion Manahan sedang dipotong untuk perawatan, sementara itu di sisi kanan rumput sudah rapi dan menghijau serta bermotif. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Rumput di sisi kiri lapangan Stadion Manahan sedang dipotong untuk perawatan, sementara itu di sisi kanan rumput sudah rapi dan menghijau serta bermotif. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) meninjau rumput lapangan Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, yang akan dipakai sebagai arena Piala Dunia U-20 pada 2023. Hasil peninjauan FIFA merekomendasikan pada Pemkot Solo untuk melakukan pemangkasan pada bagian rumput lapangan karena dinilai terlalu tebal sehingga terlalu empuk saat dipakai untuk laga sepak bola.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo, Joni Hari Sumantri, mengatakan peninjauan FIFA telah dilakukan. Tim FIFA adalah khusus dari divisi yang menangani rumput stadion venue Piala Dunia U-20

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Tim FIFA yang menangani rumput lapangan keliling enam venue Piala Dunia (U-20). Setelah tim datang ke Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya mampir ke Solo,” kata Joni, saat dijumpai wartawan Jumat (30/9/2022).

Dari tinjauan lapangan Stadion Manahan Solo, menurut Joni, FIFA mendapati kondisi rumput yang terlalu empuk karena rumput terlalu tebal. FIFA pun merekomendasikan agar rumput segera dipotong pendek.

“Jadi itu rumput bukan karena rusak, tetapi dipotong pendek sesuai saran FIFA supaya tidak terlalu empuk,” katanya.

Baca Juga: Daftar Pelatih Persis Solo dari Waktu ke Waktu di Era Liga Indonesia 

Ia menyebut rumput yang dipotong pendek tersebut akan tumbuh lagi secara alami. Pemkot Solo selama ini telah melakukan perawatan rumput Stadion Manahan dengan baik.

“Kita punya tim ahli yang terbiasa menangani rumput stadion. Jadi tidak masalah soal perawatan lapangan Stadion Manahan Solo,” katanya.

Joni menambahkan rekomendasi FIFA lainnya yaitu Pemkot Solo didorong untuk memiliki dan melengkapi alat-alat pemeliharaan rumput lapangan venue Piala Dunia. Menurut Joni, rekomendasi FIFA itu sudah disampaikan kepada Wali Kota Solo.

“Kita sudah sampaikan rekomendasi dan evaluasi FIFA soal Stadion Manahan pada Mas Wali Kota,” kata dia.

Baca Juga: Terbaru! Pelatih Persis Solo Dipastikan Bukan Paulo Gomes

Sementara itu, konsultan rumput Stadion Manahan, Rahayu, kepada Solopos.com, Jumat (30/9/2022), mengatakan saat ini rumput Stadion Manahan memang dalam perawatan setelah pengecekan FIFA pekan lalu. Rumput Manahan baru saja dipangkas menyusul pengecekan itu.

“Semoga laga Persis Solo pekan depan sudah hijau dan laju bola mencapai target. Semoga 20 hari lagi rumput sudah cantik kembali,” kata dia.

Baca Juga: Persis Solo Siap Pertahankan Coach Rasiman hingga Pekan Depan

“Tanggal 23 September 2022 pengecekan FIFA untuk kali kedua dilakukan. Pemotongan rumput (pendek), pembersihan dan pemadatan sangat penting untuk dilakukan. Selama ini rumput di Manahan tampil sangat cantik, namun masih tebal, yakni diatas 4 cm secara simultan,” kata dia.

Menurutnya banyak faktor yang menyebabkan tebalnya rumput yaitu penggunaan lapangan secara intens sebagai contoh untuk ASEAN Para Games berikut seremonial, olahraga tradisional dan juga tari tarian, serta beban pertandingan. Menurutnya, rumput yang tebal bisa mengurangi risiko kerusakan akibat penggunaan secara intens tersebut  dan lebih memudahkan untuk pemulihannya dari kerusakan.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Liga 1 Kembali Bergulir, Coach Rasiman: Persis Solo Siap!

      Persis Solo siap menjalani pertandingan lanjutan kompetisi Liga 1 yang akan dimulai pada 5 Desember 2022 dengan sistem bubble.

      Resmi! Lanjutan Kompetisi Liga 1 Dimulai 5 Desember 2022, Solo Jadi Tuan Rumah

      Lanjutan kompetisi Liga 1 akhirnya digelar mulai 5 Desember 2022 dengan sistem bubble tanpa penonton di stadion.

      Hasil Piala Dunia 2022: Uruguay Atasi Ghana 2-0

      Uruguay mengatasi Ghana 2-0 pada laga terakhir Grup H Piala Dunia 2022  di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Waduh! Balapan F1 di China Batal Lagi, Sudah 4 Kali Berturut-Turut

      Balap mobil F1 yang sedianya digelar di China kembali dibatalkan karena malasah Covid-19 yang tak kunjung selesai di negeri tersebut.

      Hasil Piala Dunia 2022: Comeback, Korsel Hajar Portugal 2-1!

      Korea Selatan (Korsel) melakukan comeback dan mengalahkan Portugal 2-1 pada laga pamungkas Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium Doha.

      Live Streaming Piala Dunia 2022: Kamerun Vs Brasil, Butuh Keberuntungan!

      Brasil sudah lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar, sedangkan Kamerun punya peluang meski sangat kecil.

      Babak Pertama Usai, Uruguay Atasi Ghana 2-0

      Uruguay menang 2-0 atas Ghana pada babak pertama laga terakhir Grup H Piala Dunia 2022  di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Korsel Imbangi Portugal, Babak Pertama Berakhir 1-1

      Korea Selatan (Korsel) mengimbangi Portugal 1-1 pada babak pertama laga pamungkas Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium Doha.

      Susunan Pemain Ghana vs Uruguay: Luis Suarez Starter

      Stiker yang juga kapten Uruguay Luis Suarez dipasang sebagai starter saat menghadapi Ghana pada laga terakhir Grup H di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Mantap! Indonesia Tuan Rumah Kualifikasi Balap Sepeda Olimpiade Paris 2024

      UCI Track Nations Cup 2023 akan digelar di Jakarta International Velodrome Rawamangun, Jakarta Timur pada 23-26 Februari 2023.

      Kejuaraan Dunia Esports di Bali Resmi Dibuka Hari Ini

      Kejuaraan dunia esports ini diikuti sekitar 700 player.

      Susunan Pemain Korsel vs Portugal: Ronaldo Starter

      Kapten Portugal Cristiano Ronaldo diturunkan sebagai starter dalam susunan pemain saat melawan Korea Selatan (Korsel)  pada laga pamungkas Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium Doha.

      Bernard Benyamin Van Aert Juarai Etape I Tour de Siak

      Balapan Etape I dimulai dari Istana Assereyah Al Hasyimiah atau Istana Siak sebanyak lima putaran sepanjang 85 kilometer

      Jepang Targetkan Lolos ke Perempat Final Piala Dunia 2022

      Jepang menargetkan melaju ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah lolos ke babak 16 besar.

      Data dan Fakta Menarik Jelang Kamerun vs Brasil

      Data dan fakta Kamerun vs Brasil pada laga pamungkas grup G Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium Al Daayen.