Angga si pemulung cilik yang sempat dikira mati (Suara.com)

Solopos.com, DEPOK – Angga, pemulung cilik asal Depok, Jawa Barat, sempat viral karena dianggap telah meninggal akibat kelaparan. Faktanya, sampai sekarang Angga masih hidup dan sehat.

Dalam video viral unggahan Lenggo Geni di Facebook, Angga tampak duduk sambil membawa barang bekas. Warga yang lewat mencoba membangunkan Angga tapi tak kunjung bangun. Banyak pihak yang mengunggah video Angga dengan keterangan dia mati karena kelaparan.

Saya tidak tahu kejadian ini di mana karena video ini tidak ada keterangan. Video ini dari akun Riko Syafei, dijelaskan anak ini sudah meninggal karena kedinginan dan kelaparan,” tulis Lenggo Geni sebagai keterangan video viral.

Video viral Angga juga dibagikan akun Mondrian Em dalam grup Facebook Palanta Urang Awak Minangkabau. Akun tersebut mengunggah video Angga disertai ungkapan rasa prihatin.

Innalillahi wa innailaihi roji’un. Bersyukurlah kita masih mempunyai orang tua, bisa makan, pergi ke sekolah, dan tidur di kamar dengan kasur. Lihat si anak yang meninggal karena lelah dan lapar. Wahai pemimpin yang mendapatkan amanah!” terang Mondrian Em.

Video viral yang menunjukkan Angga meninggal tidak benar. Kebenarannya, Angga hanya ketiduran karena terlalu lelah. Seperti dikutip dari @sayaphati, Minggu (25/8/2019), Angga adalah anak yatim.

Ibu Angga, Dewi, merupakan seorang pemulung. Menurut keterangan sang ibu, Angga merupakan anak baik. Dewi tak tahu alasan yang membuat Angga pergi sejak bulan puasa lalu hingga muncul video viral menampakkan dirinya meninggal.

Keluarga selama ini telah berusaha mencari Angga. Setelah mendapat info dari @sayaphati, keluarga Angga menelusuri keberadaannya ke tempat dia biasa memulung sampai ke Kantor Dinas Sosial Depok, Jawa Barat.

Keluarga bersama tim Sayap Hati menemukan titik terang keberadaan Angga setelah menghimpun informasi dari Facebook, Instagram, dan Twitter. Menurut informasi, video viral menunjukkan Angga meninggal diambil di daerah Beji, Depok, Jawa Barat.

Pada Minggu (18/8/2019) malam, Angga akhirnya ditemukan di daerah sekitar Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Angga ditemukan dalam keadaan masih hidup dan sehat, tak seperti keterangan pada video yang sempat viral. (Atina Firdausa Qisthi/Solopos.com)

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten