SOLOPOS.COM - Polisi meringkus pencuri mobil Bank BRI Solo di halaman rumah anggota DPRD Solo, Muhammad Al Amin, di Laweyan, Solo, Kamis (6/8/2020). (Istimewa/Polsek Laweyan)

Solopos.com, SOLO -- Pencuri mobil operasional Bank BRI Slamet Riyadi Solo, Kamis (6/8/2020), bertingkah aneh. Saat kepergok berada di halaman rumah anggota DPRD Solo, Muhammad Al Amin, pencuri tersebut malah mengajak legislator Solo itu bersalaman.

Pencuri pria ini juga tampak santai dan tersenyum meski Al Amin sudah pasang kuda-kuda dan siap melumpuhkan dirinya. Sikap santuy ini bahkan dipertahankan meski di luar halaman rumah, orang-orang meneriakkan "maling-maling".

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ulah pencuri mobil BRI Slamet Riyadi Solo tersebut berakhir setelah ditangkap polisi dari Polsek Laweyan Solo yang dilengkapi senjata. Diberitakan sebelumnya, pencuri mobil BRI Solo ini beraksi saat karyawan bank itu sedang memanasi mobil.

Terjebak Macet, Pencuri Mobil BRI Solo Ngumpet di Halaman Rumah Anggota DPRD Solo

Ekspedisi Mudik 2024

Mobil berjenis Toyota Innova berpelat nomor AD 8457 ZS tersebut memang biasa dipanasi setiap pagi. Dalam perjalanan membawa kabur mobil, pencuri itu terjebak macet di simpang tiga Sabar Motor, Laweyan, Solo. Untuk menghindari orang-0rang yang mengejar, pencuri masuk ke halaman rumah Al Amin di sebelah barat simpang tiga.

Polah unik pencuri ini dituturkan Al Amin saat dihubungi Solopos.com, Kamis. Al Amin menceritakan semula dirinya mendengar teriakan "maling-maling" dari arah jalan raya. Lalu, sekitar pukul 07.10 WIB, dia keluar rumah untuk mengecek sumber suara itu.

Ternyata ada seorang laki-laki di depan rumahnya. Bukannya panik, pencuri mobil operasional BRI Solo itu berdiri di depan rumahnya dengan santai. Al Amin lantas memasang kuda-kuda sembari menanyakan identitas lelaki itu karena merasa tidak mengenal.

Pedagang Makanan Gonilan Sukoharjo Diduga Tertular Covid-19 dari Pembeli

Santuy dan Mengajak Bersalaman

"Tapi orang itu malah santuy mengajak salaman saya. Lalu saya tepis tangan itu. Takutnya dia membawa senjata tajam. Saat tanya sopo-sopo dia malah tersenyum sembari mengulurkan tangan. Pada saat bersamaan, anggota Reserse [Polsek Laweyan, Polresta Solo] sudah menyusul dan pencuri itu langsung diringkus," papar dia, Kamis.

Al Amin menambahkan saat diriya membuka pintu rumah, pencuri itu sudah masuk ke halaman. Dia menduga pencuri masuk lewat pintu pagar yang sedikit terbuka sekitar satu meter.

Polisi Tangkap Muncikari Penyedia Pijat Plus di Sleman

Saat itu, pencuri mobil BRI Solo tersebut terlihat santai. “Waktu saya membuka pintu, dia dalam posisi berdiri sembari berjalan masuk dengan santuy. Bukan panik gedebug-gedebug,” urai dia.

Al Amin menduga sikap santuy pelaku pencuri mobil BRI Solo tersebut sebagai cara bersandiwara. Pelaku ingin memberi kesan seolah-olah mengenal Al Amin.

Menurut dia, polah aneh pencuri itu untuk menunjukkan pelaku sedang bertamu ke rumah Al Amin. Dia juga menyebut pelaku bersandiwara dengan meringkuk saat akan diringkus polisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya