SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Andy Williams saat tampil dalam upacara penganugerahan Piala Oscar atau Academy Awards tahun 1961. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

BRANSON –Penyanyi Andy Williams, yang dikenal dengan suara lembutnya saat menyanyikan sejumlah lagu tahun 1950-an dan 1960-an seperti Moon River dan Can’t Take My Eyes Off of You, meninggal dunia di rumahnya di Branson, Missouri, AS. Dia meninggal dunia dalam usia 84 tahun, di mana sejak setahun terakhir dia harus berjuang melawan kanker ginjal, seperti dinyatakan dalam pernyataan resmi keluarga, Rabu (26/9/2012),

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Andy Williams sepanjang kariernya sudah membukukan 18 penghargaan emas dan tiga platinum untuk hits yang dibuatnya. Di masa keemasannya tahun 1960-an dan 1970-an dia juga membintangi sejumlah acara variety show yang mengusung namanya. Suara lembutnya pernah disebut mendiang Presiden AS sebagai “harta karun nasional.”

Williams lahir 3 Desember 1927 di Wall Lake, Iowa, AS, dan merintis karir profesionalnya sejak usia 8 tahun dengan bergabung bersama tiga saudaranya yang lebih tua dalam grup yang membawa nama Williams Brothers. Dia lantas bersolo karier sejak grup itu pecah tahun 1951. Pemunculannya dalam acara TV The Tonight Show mencuri perhatian dan dia pun masuk dapur rekaman. Hit pertamanya adalah Butterfly di tahun 1957.

Selanjutnya ia melantunkan sejumlah lagu yang juga mencetak rekor penjualan seperti Born Free, Days of Wine and Roses, The Shadow of Your Smile, Can’t Get Used to Losing You, Solitaire, Music to Watch Girls By, Can’t Take My Eyes Off of You, serta lagu tema film tekenal tahun 1970-an, Love Story.

Namun lagu yang membuatnya paling banyak dikenal adalah Moon River, yang dinyanyikannya saat upacara penganugerahan Piala Oscar tahun 1962. Lagu ini sudah lebih dulu dikenal dari film yang dibintangi Audrey Hepburn, Breakfast at Tiffany’s.

Williams dua kali menikah, yang pertama dengan Claudine Longet, seorang penari yang dinikahinya tahun 1961. Mereka memiliki tiga anak sebelum akhirnya bercerai. Tahun 1991 dia kembali menikah dengan Debbie Haas dan mereka berdua tinggal di Branson dan La Quinta, California.

Tahun 1992, Williams membangun gedung teater di Branson, yang meski hanya kota mungil berpenduduk 10.000 jiwa merupakan pusat hiburan di kawasan Missouri. Kota itu memiliki 30 gedung pertunjukan yang umumnya melayani aneka pertunjukan musik country. Selama 20 pekan setiap tahun Williams selalu tampil di gedung miliknya. Dia juga secara rutin menggelar tur Natal di AS dan tur insidental di Inggris, di mana basis fansnya juga cukup besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya